Selasa, 19 November 2019
  • Home
  • Olahraga
  • Libatkan INASGOC, Menpora: PON 2020 di Papua Tandingkan 37 Cabang Olahraga

Libatkan INASGOC, Menpora: PON 2020 di Papua Tandingkan 37 Cabang Olahraga

Selasa, 27 Agustus 2019 13:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi mengemukakan, Rapat Terbatas tentang Persiapan Penyelenggaran PON dan Peparnas (Pekan Paralympic Nasional) 2020 di Provinsi Papua, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (26/08/2019), telah membahas untuk melakukan rasionalisasi jumlah cabang olahraga dan nomor pertandingan.
 
“Memang 47 cabang olahraga dan 700-an nomor pertandingan itu harus betul-betul dilihat secara utuh mana yang memungkinkan untuk dipertandingkan tetapi tidak boleh lepas dari olahraga olimpiade karena nanti akan dirasionalisasi, akan dikurangi setidaknya 37 cabang olahraga dari 47 cabang olahraga,” kata Menpora kepada wartawan usai mengikuti ratas.
 
Ditegaskan Menpora, sudah barang tentu penyelenggraan PON 2020 ini harus betul-betul disiapkan sedini mungkin, sebaik mungkin, sehingga support dari teman-teman yang dulu menjadi pelaksana Asian Games ini akan diberikan sepenuhnya nanti untuk mendampingi PB PON.
 
“Jadi teman-teman INASGOC dan INAPGOC nanti akan mendampingi Pak Gubernur dan PB PON secara keseluruhan, agar ini betul-betul menjadi barometer bahwa PON di Papua betul-betul menjadi momentum bergengsi bagi Indonesia di mata dunia,” terang Menpora.
 
Menpora Imam Nahrowi juga menyampaikan, karena Papua akan difokuskan bagi penyelenggaraan PON, maka even yang lain Peparnas (Pekan Paralympic Nasional) akan digeser ke tempat lain. Demikian pula biasanya ada test event 1 tahun sebelum penyelenggaraan yaitu Pekan Olahraga Pelajar, menurut Menpora, ini juga akan kita geser ke Jakarta.
 
“Papua fokus menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional tahun 2020,” tegas Menpora.
 
Dilaksanakan di Tiga Daerah
 
Sementara itu Gubernur Papua Lukas Enembe menambahkan, PON 2020 akan dilaksanakan di tiga daerah yaitu Kotamadya Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mimika. “Itu Pak Presiden sudah putuskan sehingga kita fokus melaksanakan di 3 kabupaten itu,” ujarnya.
 
Lukas juga menyampaikan, intinya PON ini adalah alat pemersatu bangsa dari Sabang sampai Merauke, sehingga orang Papua pasti siap untuk menyambut penyelenggaraan ini karena pelaksanaan PON pasti menjaga negara kesatuan, mempertemukan anak bangsa dari Sabang sampai Merauke.
 
Gubernur Papua memperkirakan sebanyak 36.000 peserta akan tiba, baik atlet maupun official akan tiba di Jayapura.
 
“Dengan demikian kita bersatu menyaksikan persatuan dan kesatuan bisa terjadi di Papua, harapan saya ya kita berterima kasih kepada Bapak Presiden atas pertemuan kali ini dan pada tahapan berikutnya dan juga pertemuan-pertemuan yang lalu, jadi Pak Presiden sangat serius melihat Pekan Olahraga Nasional bagian dari bagaimana anak bangsa bisa bersatu, bertemu dalam pertandingan di Pekan Olahraga Nasional di Papua,” pungkas Lukas.
 
Mengenai persiapan atlet-atet Papua sendiri, Gubernur Lukas Enember mengatakan, sebanyak 1.300 atlet sudah mengikuti pemusatan latihan sekarang. Kemarin secara resmi sudah diserahkan kepada Puslatprov (Pusat Pembinaan dan Pelatihan Provinsi) Pak Kasdam Cendrawasih.
 
Mengenai masalah keamanan di Papua, Gubernur meyakinkan,  di Jayapura masih kondusif. “Saya yakin akan aman, kita koordinasikan dengan keamanan karena penyelenggaraan persiapan di 3 tempat kita pikir aman,” pungkasnya.(rel)
T#g:ponPON 2020
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Kapolsek Medan Timur Berikan Bantuan untuk Keluarga Ponimin di Jalan Gurilla

    Beritasumut.com-Jumat Berkah, Kapolsek Medan Timur memberikan bantuan sembako untuk keluarga kurang mampu yang berada di wilayah hukumnya. Seperti

  • 4 minggu lalu

    Perangi Ponsel Ilegal, Tiga Menteri Teken Aturan Bersama

    Beritasumut.com-Pemerintah bertekad untuk memberikan perlindungan bagi industri handphone, komputer, dan tablet di dalam negeri, termasuk kepada pa

  • satu bulan lalu

    Bertemu 'Naga Bonar', Bupati Labuhanbatu: Kita Fokus Buat Inovasi untuk Masa Depan Anak

    Beritasumut.com-Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT bertemu dengan aktor film Naga Bonar H Deddy Mizwar yang juga Wakil Gubernur Jaw

  • 2 bulan lalu

    Sasar Kalangan Muda yang Aktif, Advan Hadirkan Produk Advan G3 Pro

    Beritasumut.com-Advan mengumumkan kehadiran perangkat terbaru Advan G3 Pro. Smartphone ini hadir untuk kalangan anak muda yang aktif menunjang semu

  • 2 bulan lalu

    19 Atlet Taekwondo Sumut Ikuti Pra PON, Musa Rajekshah Targetkan Lolos 50 Persen

    Beritasumut.com–Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah melepas keberangkatan 19 atlet taekwondo Sumut untuk mengikuti P

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.