Sabtu, 19 Oktober 2019
  • Home
  • Olahraga
  • Kembali Digelar, Gala Catur Emas Potensial Lahirkan Master Baru

Kembali Digelar, Gala Catur Emas Potensial Lahirkan Master Baru

Kamis, 25 Juli 2019 15:45:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS01
Beritasumut.com-Setelah sukses melahirkan sejumlah master baru di bidang catur,  Gala Catur Emas kembali dilaksanakan di lima kota di Sumut. Gala Catur Emas 2019 Road to Master merupakan turnamen catur yang diselenggarakan produsen rokok Galan bekerjasama dengan Percasi Sumut.
 
Berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini rangkaian Gala Catur Emas 2019, dimulai dengan open tournament di lima kota di Sumut, yakni Lubukpakam pada 8-10 Agustus 2019, Pematangsiantar 23-25 Agustus 2019, Rantauprapat 6-8 September 2019, Sibolga 20-22 September dan Kabanjahe 27-29 September.
 
"Puncaknya 9 peringkat teratas dari lima kota, 3 master baru yang merupakan hasil Gala Catur Emas 2018 dan 24 para master catur undangan akan berlaga dan berkesempatan meraih gelar master bagi non master pada grand final yang diselenggarakan di Medan 9-13 Oktober 2019," ujar GM Comunity Event Edrik Chandra, saat konfrensi pers Gala Catur Emas 2019, di Medan, Kamis (25/07/2019).
 
Dikatakannya, Gala Catur Emas pertama kalinya diselenggarakan Galan Kretek sejak tahun 2016. Namun, katanya, baru pada dua tahun terakhir diselenggarakan dengan fokus pada pengembangan prestasi dan hasilnya melahirkan master master baru yang sebelum kompetisi masih merupakan nonmaster, salah satunya Pasti Tarigan yang merupakan peserta Gala Catur Emas 2018 asal Kota Binjai.
 
Regional Manager Sumatera Utara Joko Sugiyanto menambahkan, Gala Catur Emas, merupakan wujud kepedulian Galan Kretek untuk pengembangan prestasi catur nasional, yang sebagian besar bibitnya lahir dari Sumatera Utara. "Bekerjasama dengan Percasi Sumut sejumlah pecatur berbakat bermunculan dan membuktikan kemampuannya dalam berbagai ajang kompetisi baik di tingkat nasional bahkan internasional," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Harian Percasi Sumut, Feri, mengatakan, turnamen yang diselenggarakan Galan ini sangat positif terhadap pengembangan prestasi catur, yang sejak dulu menjadi salah satu andalan dari Sumatera Utara. "Semakin banyak kompetisi tentu akan semakin banyak melahirkan pecatur handal, karena itu kita patut mengapresiasi event yang diselenggarakan setiap tahun ini dan hendaknya terus ditingkatkan," sebutnya.
 
Dikatakannya, pada open turnamen yang diselenggarakan di lima kota tersebut, boleh diikuti oleh siapa saja, dengan batasan usian 18 tahun ke atas. Karenanya, kata dia, dari open tournament inilah akan lahir master baru. "Masing-masing 9 orang teratas di open turnamen yang tentunya belum bergelar master akan berlaga di final dengan master nasional, jika memenuhi persyaratan, maka total 45 orang tersebut memiliki kesempatan menyandang gelar master," jelasnya.
 
Pasti Tarigan, Master yang lahir dari ajang Gala Catur Emas 2018 memastikan diri akan ikut berlaga dalam grand final yang diselenggarakan di Medan. "Tiga master baru termasuk saya akan ikut dalam grand final," sebutnya.(BS01)
T#g:Gala CaturGala Catur Emas 2019GalanMaster CaturPercasiPercasi Sumutturnamen catur
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    East Meets West Charity Dinner Galang Dana Demi Bangun Kembali Sekolah di Sumba

    Beritasumut.com–Koki ternama, perancang busana, pencinta kuliner dan seni, serta para dermawan bersatu dalam 'East Meets West' Charit

  • 3 bulan lalu

    Sekda Kunjungi Tempat Bersejarah di Medan, Bukan Sekedar Peninggalan Masa Lalu

    Beritasumut.com-Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut) Sabrina mengunjungi sejumlah tempat bersejarah di Kota Medan, Minggu (2

  • 7 bulan lalu

    Anggota DPD RI Parlindungan Purba: Pembuatan Kapal Akan Dongkrak Wisata Danau Toba

    Beritasumut.com-Anggota DPD RI Parlindungan Purba dan Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian meninjau lokasi galangan pembuatan kapal motor di

  • 10 bulan lalu

    Korem 022/PT Gelar Penggalangan Dana dan Doa Bersama untuk Korban Tsunami di Banten dan Lampung

    Beritasumut.com-Korem 022/Pantai Timur menggelar doa bersama dan penggalangan dana untuk korban bencana alam, Tsunami di Banten dan Lampung yang di

  • 10 bulan lalu

    Pangdam I/BB: Prajurit Harus Seperti Ilmu Padi

    Beritasumut.com-Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah mengingatkan seluruh Prajurit Yonif 121/Macan Kumbang untuk menjad

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.