Rabu, 20 November 2019
  • Home
  • Olahraga
  • Atlet TNI dan Karateka Indonesia Ikuti Kejuaraan Karate Dunia di Wuhan Tiongkok

Atlet TNI dan Karateka Indonesia Ikuti Kejuaraan Karate Dunia di Wuhan Tiongkok

Senin, 14 Oktober 2019 18:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Para atlet TNI yang tergabung dalam Kontingen Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) mengikuti kejuaraan kelas dunia dalam 7th CISM (Conseille International du Sport Militaire) Military World Games 2019 atau Olimpiade Militer Tingkat Dunia ke-7 tahun 2019 di Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok, tanggal 17-29 Oktober 2019.
 
Cabang olahraga yang diikuti oleh Atlet-atlet KOMI TNI meliputi Anggar 3 (tiga) orang, Atletik 8 (delapan) orang, Layar 8 (delapan) orang, Judo 8 orang, Menembak 9 (Sembilan) orang, Panahan 3 (tiga) orang, Taekwondo 6 (enam) orang, Terjun Payung 15 orang dan Triathlon 7 (tujuh) orang. Sedangkan jumlah personel yang diberangkatkan sebanyak 77 orang terdiri dari, Atlet dan Pelatih 68 orang serta Official 9 orang.
 
Sedangkan kejuaraan Federasi Karate Dunia yang akan berlangsung tanggal 23-27 Oktober 2019 di Santiago Chile, FORKI memberangkatkan 30 orang Atlet dan 10 orang Manajer/Pelatih. Adapun kelas yang diikuti meliputi Cadet (10 orang), Junior (12 orang), Under-21 (8 orang).
 
Panglima TNI Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto SIP, saat melepas keberangkatan Kontingen TNI dalam 7th CISM Military World Games 2019 dan Tim Karate Indonesia dalam Kejuaraan Karate Dunia ke-11 tahun 2019, menyampaikan rasa bangga karena Indonesia kembali mengirimkan atlet-atlet terbaiknya mengikuti kejuaraan kelas dunia. “Saya yakin karateka-karateka Indonesia dan atlet-atlet TNI siap untuk bertanding dan unjuk prestasi di dua kejuaraan dunia tersebut,” katanya di Subden Mabes TNI, Jalan Merdeka Barat No.2 Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019).
 
Panglima TNI yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) ini menyebut, jerih payah dan kerja keras para atlet sekalian selama ini tidak akan sia-sia. “Kita harus percaya diri dan bertanding dengan penuh keyakinan. Tidak ada lawan yang tidak dapat kita kalahkan dan kita akan dapat mempersembahkan prestasi terbaik. Saudara-saudara telah diseleksi dan mengikuti pemusatan latihan. Pengalaman bertanding dan pemusatan latihan tentunya menjadi bekal yang sangat penting dalam menghadapi kejuaraan yang sangat kompetitif ini,” tambahnya.
 
Panglima TNI mengatakan bahwa selain latihan dan percaya pada diri sendiri, terdapat hal lain yang juga menunjang prestasi para atlet sekalian, yaitu semangat juang dan semangat untuk memberikan hasil yang terbaik bagi bangsa dan negara. “Seluruh masyarakat Indonesia menaruh kepercayaan di pundak para karateka dan atlet TNI sekalian. Kami semua dan keluarga di rumah tentunya senantiasa berdoa agar para atlet karate Indonesia serta atlet TNI dapat mengibarkan Sang Merah Putih dan mengharumkan nama Indonesia. Jadikan itu sebagai cambuk dan pembakar motivasi dalam bertanding nanti,” jelasnya.
 
Dia berpesam agar para atlet mempergunakan waktu yang ada untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Jaga stamina dan kesehatan agar berada dalam kondisi puncak saat bertanding nanti. "Lawan pasti memiliki titik kekurangan. Untuk itu, pelajari dan temukan kelemahan-kelemahan tim lawan agar para atlet dapat mempergunakannya untuk mengalahkan lawan. Pelajari dan temukan pula kekurangan diri sendiri agar segera dapat dieliminir, sehingga kekuatan kita menjadi maksimal,” ucap Panglima TNI.
 
Demi kesuksesan para atlet, Panglima TNI mengajak doa bersama. “Marilah kita memanjatkan doa kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga Kontingen Karate Indonesia dan Kontingen TNI dapat memberikan hasil terbaiknya dan mengharumkan nama Indonesia pada Kejuaraan Karate Dunia dan CISM (Conseille International du Sport Militaire) Military World Games ini,” tutupnya.
 
Tampak hadir pada acara tersebut diantaranya, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji SE MM, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna SE MM selaku Ketua Umum PB Fasi, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Irjen TNI Letjen TNI Muhammad Herindra MA MSc, Ketum Ikatan Anggar Seluruh Indonesia Agus Suparmanto, Ketum Persatuan Judo Seluruh Indonesia Jenderal TNI (Purn) Mulyono, Ketum Taekwondo Indonesia Letjen TNI (Purn) Thamrin Marzuki, Ketum Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia Laksdya TNI (Purn) Darwanto, Ketum Federasi Panjat Tebing Indonesia Brigjen TNI Joko Warsito, Ketum Persatuan Panahan Indonesia Kelik Wirawan. (Rel)
T#g:Atlet TNICISM 2019Karateka IndonesiaKejuaraan KarateMilitary WorldGamesWuhan Tiongkok
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Kedatangan Kontingen Military World Games 2019 Disambut Asops Panglima TNI

    Beritasumut.com-Panglima TNI Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto SIP, diwakili Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM selaku Ketua KOMI,

  • 2 bulan lalu

    126 Wasit FORKI Ikuti Seleksi Kejuaraan Karate Piala Panglima TNI

    Beritasumut.com-Sebanyak 126 orang Wasit Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) mengikuti seleksi untuk memimpin kejuaraan nasional Karate P

  • 12 bulan lalu

    Buka Kejuaraan Karate Kajatisu Open I, Gubsu Sebut Karate Cabor Andalan Sumut

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi sangat mengapresiasi terlaksananya Kejuaraan Karate Kajatisu Open I. Apalagi, karate

  • tahun lalu

    Kejurnas Karate Piala Panglima TNI, Wadah Penyiapan Atlet TNI

    Beritasumut.com-Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Panglima TNI diharapkan dapat digunakan sebagai wadah penyiapan atlet TNI dan atlet umum

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.