Kolom Pilkada

Tinjau Kesiapan Pilkada 2020, Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian


Tinjau Kesiapan Pilkada 2020, Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com–Tim Puslitbang Polri melaksanakan penelitian tentang Dampak Positif dan Negatif Pelaksanaan Pilkada Langsung dalam Rangka Kesiapan Pemilukada Tahun 2020 di wilayah hukum Polda Sumut dan jajaran. Kegiatan penelitian ini dipimpin Kombes Pol Drs Dadang Suwondo selaku Ketua Tim Peneliti, Prof Dr Lili Romli (Konsultan LIPI), AKBP Hanafiah Nembo, Penata Budi Prayitno serta AKBP Karina J Ratu SSos (selaku pelaksana supervisi dalam kegiatan penelitian).
 
Ketua Tim Peneliti Kombes Pol Drs Dadang Suwondo, dilansir dari Tribratanews.sumut.polri.go.id, Senin (04/11/2019), menuturkan, tujuan penelitian dimaksud adalah untuk mengevaluasi dan menganalisis pelaksanaan Pilkada langsung Tahun 2018 dan kesiapan Polri dalam pengamanan pelaksanaan Pemilukada 2020. "Output dari penelitian ini, untuk memberikan rekomendasi kepada Pimpinan Polri terkait dengan evaluasi pelaksanaan Pilkada langsung tahun 2018," ujarnya.
 
Tak hanya itu, lanjutnya, penelitian ini juga mengkaji dampak yang ditimbulkan dengan penyelenggaraan Pilkada secara langsung baik positif maupun negatif. "Berbagai persoalan yang muncul dalam penyelenggaraan Pilkada serentak dipetakan, sehingga diharapkan akan dapat dijadikan masukan bagi Polri guna mengantisipasi dalam pengamanan Pemilukada Tahun 2020," sambungnya.
 
Adapun sasaran penelitian ini dilaksanakan di Mapolda, Polrestabes Medan, Polres Deli Serdang, Polres Binjai, Polres Langkat, Polres Serdang Berbagai. "Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada masyarakat (sebagai penyelenggara, pelaksana dan pelaku) dalam  Pemilukada. Selain respoden masyarakat kegiatan penelitian juga melaksanakan FGD dengan Kapolres atau yang mewakili, yaitu para Kabag dan Kasat," pungkasnya. (BS04)

Tag:Mabes PolriPemilukada 2020