Kesehatan

Walikota Medan Canangkan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tahun 2018


Walikota Medan Canangkan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tahun 2018
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Kesatuan Gerak PKK-KB- Kesehatan merupakan salah satu agenda kegiatan yang telah diprogramkan oleh Tim Penggerak PKK dan Pemerintah Kota Medan sebagai wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan dan tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerakan PKK, terutama menyangkut program kegiatan yang menjadi bagian penting untuk mewujudkan aspek pemberdayaan dan aspek kemitraan dalam mendukung kinerja pemerintah khususnya Pemko Medan.
 
Demikian disampaikan Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH ketika menghadiri Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Medan tahun 2018 di Gedung serbaguna PKK, Petisah, Rabu (12/12/2018). Hadir dalam Pencanangan ini Dandim 0201/BS Kol Inf Yuda Rismansyah, Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan, Hj Nurul Khairani Akhyar, Kadis PP&KB dr Edwin Efendi MSc, dan Pimpinan OPD, serta Camat se-Kota Medan.
 
Menurut Walikota, Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini penting untuk dilaksanakan mengingat berbagai perubahan- perubahan yang harus dan segera disikapi oleh TP PKK Kota Medan dan sebagainya bentuk tanggung jawab Profesional TP PKK Kota Medan untuk menyampaikan berbagai informasi yang salah satunya melalui kegiatan seperti ini.
 
"Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan diharapkan menjadi acuan dalam menindaklanjuti berbagai kegiatan PKK, KB dan Kesehatan mengingat berbagai perubahan-perubahan yang terjadi sehingga Kota Medan tidak mengalami ketertinggalan dengan Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia," kata Walikota.
 
Selain itu dikatakan Walikota, pencanangan ini menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak dalam wadah pembinaan bagi instansi pemerintah khususnya OPD di lingkungan Kota Medan dan kalangan swasta, organisasi masyarakat maupun instansi sektoral yang disesuaikan dengan nuansa otonomi daerah.
 
"Melalui kegiatan ini mari kita wujudkan kesiapan dalam mempersiapkan berbagai hal yang harus ditindak lanjuti setelah pencanangan ini. Artinya TP PKK Kota Medan dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Dinas Kesehatan Kota Medan akan mengkonfirmasikan sasaran atau target yang harus dicapai pada kegiatan ini sampai dengan akhir bulan Desember 2018," ungkap Walikota.
 
Selanjutnya Walikota juga mengungkapkan bahwa kegiatan kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini masih memerlukan upaya konkrit dalam memberikan kontribusi yang nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan kesehatan, yang telah dilakukan melalui kelompok dasawisma, posyandu, pos pembantu KB Desa dan Puskesmas terutama diprioritaskan kepada masyarakat atau keluarga prasejahtera.
 
"Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan juga diharapkan dapat meningkatkan peran serta pria dalam program KB serta pria dalam program KB serta keadilan dan kesetaraan gender di masyarakat serta lebih memfokuskan pada kegiatan yang secara langsung dapat meringankan beban Keluarga dalam mendapatkan pelayanan KB dan Kesehatan sesuai prioritas masalahnya," jelas Walikota.
 
Sebelumnya, Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH, diwakili Nuraisyah Musaddad Nasution, melaporkan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalm program kependudukan dan keluarga berencana serta kesehatan. Artinya Melalui pencanangan ini diharapkan menjadi acuan dalam menindaklanjuti berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh PKK, Badan PP & KB serta Dinas Kesehatan Kota Medan.
 
Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Medan bersama Dandim 0201/BS dan Kadis PP dan KB menyerahkan piagam penghargaan kepada Kecamatan dan Kelurahan yang menjadi pemenang dalam lomba yang digelar pada Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dengan tema Kita Gerakan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Indonesia Sejahtera.
 
Adapun pemenang pertama Gerak PKK-KB-KESEHATAN, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, juara 1 Kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat diraih Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai dan Juara 1 lingkungan bersih sehat, diraih Kelurahan Pangkalan Mansyur, Kecamatan Medan Johor.(BS08)

Tag:Gerakan PKKKBPKKKesehatan