Jumat, 15 November 2019
  • Home
  • Kesehatan
  • Wakil Walikota Apresiasi Gelar Bakti Sosial Kesehatan KB PKK

Wakil Walikota Apresiasi Gelar Bakti Sosial Kesehatan KB PKK

Kamis, 15 Agustus 2019 13:30:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS07
Beritasumut.com-Melalui momentum Gelar Bakti Sosial Kesehatan KB PKK Pendidikan Provinsi Sumut, diharapkan mampu menjadikan kehidupan manusia Indonesia menjadi lebih berdaya dan sejahtera dengan bakti sosial, berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan murah.
 
Harapan ini disampaikan Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ketika menghadiri Gelar Bakti Sosial Kesehatan KB PKK Pendidikan Provinsi Sumut dalam rangka HUT RI ke 74 Tahun 2019 di Kantor Lurah Bantan, Kamis (15/08/2019). Guna menjadikan momentum untuk kembali ke basis utama yaitu masyarakat sebagai tempat mengabdi, berbakti dan mencurahkan segala pengetahuan dan kemampuan untuk membangun bangsa.
 
Disamping itu, Wakil Wali Kota, mengatakan agar sejarah kelam penjajahan ini jangan sampai terulang, maka harus mampu terus berjuang demi membangun jiwa dan raga bangsa ini. Segala upaya harus dilakukan, karena akan sangat berarti bagi kemajuan bangsa Indonesia di masa mendatang.
 
"Salah satu upaya yang bisa kita lakukan saat ini adalah melalui kegiatan bakti sosial. Bakti sosial bisa juga dilakukan dengan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mewadahi sampah agar sampah tersebut mudah diangkut oleh petugas serta membuang sampah pada tempatnya. Mari kita lakukan gerakan peduli kesehatan, karena kesehatan dapat dijaga melalui kesehatan," kata Akhyar.
 
Disamping itu, Akhyar juga mengungkapkan bakti sosial dapat pula dipahami sebagai bentuk partisipasi aktif setiap individu untuk ikut terlibat dalam memberi nilai positif dari setiap obyek, permasalahan atau kebutuhan orang-orang.
 
"Partisipasi aktif tersebut bisa berupa bantuan yang berwujud materi, finansial, tenaga fisik, mental spiritual, keterampilan, sumbangan pemikiran, ide, gagasan atau nasihat yang konstruktif, sampai hanya berdoa kepada Allah SWT dengan demikian, maka bakti sosial ini akan mampu melakukan aksi “jemput bola” kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dalam berbagai bidang," ungkapnya.
 
Kemudian, Akhyar juga menyampaikan dalam perspektif sosiologi budaya, nilai bakti sosial adalah semangat yang diwujudkan dalam bentuk perilaku atau tindakan individu yang dilakukan tanpa mengharap balasan untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama demi kepentingan bersama atau individu tertentu.
 
"Bakti sosial menjadikan kehidupan manusia Indonesia menjadi lebih berdaya dan sejahtera. Dengan bakti sosial, berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan murah," ucapnya.
 
Adapun rangkaian kegiatan digelarnya Bakti Sosial Kesehatan KB PKK Pendidikan tersebut, yakni pemeriksaan penyakit tidak menular (gula darah, kolesterol, asam urat), pemeriksaan IVA, konseling dan pelayanan KB, pemeriksaan mata anak SD/MI, pemberian kacamata siswa/siswi, pemeriksaan kebugaran, kampanye cuci tangan pakai sabun (CTPS), kampanye gosok gigi yang benar pada SD/MI, pemeriksaan kualitas air bersih penduduk, dan pemberian PMT anak sekolah.
 
Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Sumut Hj Nawal Edy Rahmayadi, menyampaikan diharapkan bermanfaat bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kelurahan Bantan Kecamaran Medan Tembung. "Semoga dengan adanya pelayanan kesehatan ini diharpkan mampu menjaga kesehatan pada anak-anak kita," ucapnya saat membuka Gelar Bakti Sosial Kesehatan KB PKK Pendidikan Provinsi Sumut.
 
Usai membuka acara, Ketua TP PKK Provinsi Sumut bersama Wakil Wali Kota, Ketua PKK Kota Medan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan Hj. Rita Maharani SH, Assisten Pemerintahan dan Sosial (Aspem) Musaddad Nasution dan Camat Medan Tembung Ahmad Barli Mulia Nasution, serta pimpinan OPD Provinsi Sumut dan pimpinan OPD Kota Medan meninjau lokasi pemeriksaan kesehatan.
 
Selain meninjau pelayanan kesehatan, selanjutnya Wakil Wali Kota, Ketua PKK Kota Medan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan, Ketua TP PKK Provinsi Sumut beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke MIN 12 Medan, untuk memberikan makanan tambahan pada anak serta kelambu anti nyamuk. Ditempat tersebut juga ada aksi dokter kecil, melakukan simulasi cuci tangan pakai sabun dan simulasi menyikat gigi dengan baik dan benar.(BS07)
T#g:Bakti Sosial KB PKKKBPKKBaksos
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Sepakbola Junior, Putra Yudha FC Lawan Fatahillah Surabaya

    Beritasumut.com-Ternyata, dunia olahraga khususnya Sepak Bola juga menjadi perhatian bagi Menarmed 1/PY/2 Kostrad. Bahkan, Satuan di bawah kendali

  • 2 minggu lalu

    Dosen Unimed Beri Pendampingan kepada PKK Tanah Merah Olah Terung Ungu Jadi Dodol

    Beritasumut.com-Tim Dosen LPPM Unimed melakukan pendampingan Kelompok Ibu-Ibu PKK dan petani terung ungu dalam pembuatan tepung dan dodol terung un

  • 2 minggu lalu

    Inilah Perpres Nomor 72 Tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

    Beritasumut.com-Dengan pertimbangan sebagai tindak lanjut ditetapkannya Keputusan Presiden Nomor 113/P Tahun 2019 tentang Pembentikan Kementerian N

  • 2 minggu lalu

    Rombongan Tour Operator dan Media Maroko Akan Jajal Pariwisata Sumut

    Beritasumut.com-Rombongan turis yang terdiri dari tour operator dan media dari Maroko akan menjajal sejumlah destinasi pariwisata di Sumatera Utara

  • 2 minggu lalu

    KBRI Maroko dan Pemprovsu Ajak Jurnalis dan Influencer Promosikan Pariwisata Sumut

    Beritasumut.com-Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Maroko dan Republik Islam Mauritania bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pempro

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.