Kamis, 27 Februari 2020
  • Home
  • Kesehatan
  • Wagubsu Minta Awasi Pintu Masuk Makanan dan Obat dari Luar

Wagubsu Minta Awasi Pintu Masuk Makanan dan Obat dari Luar

Selasa, 01 Agustus 2017 23:10:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Nurhajizah mengatakan salah satu tugas pemerintah bertanggungjawab mengatur dan mengawasi produksi, pembuatan, pendistribusian maupun sosialisasinya termasuk makanan dan obat yang bekerja sama dengan Balai POM. Namun lanjutnya, tugas tersebut tidak akan optimal bila tidak didukung oleh semua pihak.
 
Hal tersebut disampaikan pada Sosialisasi Pengawasan Periklanan dan Sekaligus Penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Pengawasan Isi Siaran terhadap Publikasi, Promosi dan Iklan Obat dan Makanan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Hotel Grand Mercury, Medan, Selasa (01/08/2017). 
 
Hadir pada kesempatan tersebut Pelaksana Harian Kepala Kepala Badan POM RI yang diwakili Deputi II Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk komplemen Badan POM,Drs Ondri Dwi Sampurno, Direktur Badan Pusat Dra Indriaty Tubagus Apt MKes dan Dra Rita Endang Apt MKes, Kepala Badan POM Sumut, Ketua KPID Sumut dan perusahaan-perusahaan periklanan.
 
Terkait dengan pengawasan makanan dan obat, khususnya makanan dari luar negeri Wagubsu meminta agar pintu masuk barang dari luar untuk benar-benar di awasi. “Memang sudah banyak barang-barang dari luar itu telah kita musnahkan bekerjasama dengan Badan POM, bahkan bertruk-truk telah dimusnahkan. Namun hal itu tidak perlu terjadi bila pengawasan yang ketat dilakukan dari pintu-pintu masuk,” ujar Nurhajizah.
 
Fungsi pengawasan tersebut memang sangat penting seperti kita ketahui, bahwa penduduk Medan Sumatera Utara yang mengkonsumsi produk luar sangat tinggi. Padahal, setelah diteliti banyak produk dari luar itu yang tidak sesuai dengan ketentuan yang efeknya kedepan akan merusak kesehatan. “Oleh karenanya diminta sinerjitas dengan pihak terkait terus ditingkatkan kedepannya,” harap Wagubsu.
 
Sementara untuk Sumut, sekitar 40 persen iklan makanan obat yang tidak memenuhi ketentuan. Walaupun dari tahun ketahun menurun.“Tapi menurunnya tidak signifikan,” ujarnya.
 
Iklan yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut lanjutnya juga karena ada keterbatasan yaitu, salah satunya kekurangtahuan dari perusahaan. Oleh karenanya, pihhaknya bekerjasama dengan KPI untuk melakukan pembinaan kepada perusahaan-perusahaan yang akan membuat iklan. Selain itu petugas dalam hal ini Balai POM juga punya keterbatasan terkait cakupan, Balai POM mempunyai cakupan cukup besar sedangkan sarana dan SDM nya terbatas. “Kerjasama dengan KPI dan KPID ini merupakan hal yang sangat penting dalam membantu tugas-tugas Badan POM khususnya dalam hal pengawasan periklanan,” terang Wagubsu.
 
Sementara itu, Ketua KPID Sumut Parulian Tampubolon menyambut baik dengan adanya kerjasama yang ditandatangani antara Balai POM dengan KPID Sumut sehingga KPID Sumut akan lebih mengawasi periklanan khususnya untuk makanan dan obat yang selama ini kurang pengawasannya. “Ini sangat baik sekali, kita akan melakukan stressing pengawasan khususnya untuk obat dan makanan,” pungkasnya.(BS03)
 
T#g:BPOMIklan KesehatanKPIDObatwagubsuKesehatan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Dinkes-Polresta Deli Serdang-WUPDS G17 Berikan Bantuan Sembako dan Buka Khitan Massal Bersama Hawari Indonesia

    Beritasumut.com-Kapolres Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi memberikan bantuan seratusan paket sembako kepada masyarakat dan membuka acara 

  • 5 hari lalu

    Peduli Kesehatan Remaja, Dinkes Sibolga Kader Remaja Mandiri dan Berdaya

    Beritasumut.com–Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Kesehatan menggelar Orientasi Promosi Kesehatan dan Gizi serta Teknik Pemberian

  • 5 hari lalu

    Rakerkesnas 2020, Menkes Dr Terawan Sebutkan 4 Tantangan Kesehatan di Indonesia Saat Ini

    Beritasumut.com-Menteri Kesehatan RI, dr Terawan Agus Putranto mengatakan ada 4 (empat) pesan strategis yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo ke

  • 7 hari lalu

    Kemenag, Kemenkes dan BKKBN Sepakat Perkuat Kesehatan Madrasah dan Pesantren

    Beritasumut.com-Kementerian Agama menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MOU) bersama dengan Kementerian Kesehatan (Keme

  • 3 minggu lalu

    Prajurit TNI Layani Pengobatan Keliling di Kampung Toray Papua

    Beritasumut.com-Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada warga binaannya, prajurit TNI Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yon

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.