Kesehatan

Update Kasus Covid-19 di Sumut, 202 Orang Positif Corona


Update Kasus Covid-19 di Sumut, 202 Orang Positif Corona
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI

Beritasumut.com-Pendemi virus corona (Covid-19) semakin melonjak di provinsi Sumatera Utara. Bukannya berkurang, jumlah kasus orang yang terpapar Covid-19 di Sumut malah terus mengalami peningkatan dari hari ke hari. Saat ini, jumlahnya sudah bertambah dua orang, sehingga totalnya menjadi 202 orang.

Selain itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat angkanya juga mengalami kenaikan dari hari sebelumnya yaitu 162 orang menjadi 184 orang. Artinya, dalam satu hari angka PDP di Sumut bertambah hingga sebanyak 22 orang.

Namun untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) mengalami penurunan dari hari sebelumnya yaitu dari 601 menjadi 587 orang. Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh dan meninggal dunia tidak menunjukkan perubahan, masih diangka 53 dan 24 orang.

Menanggapi kejadian ini, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah mengatakan, dengan gambaran data tersebut diyakini kasus penularan di masyarakat masih terus terjadi. Untuk itu, tak henti-hentinya harus dilakukan upaya pencegahan bersama-sama dengan melakukan edukasi.

"Diharapkan kepada kepala keluarga untuk memberikan pembelajaran kepada seluruh anggota keluarganya dengan membiasakan atau rajin mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir. Jangan menyentuh wajah baik mulut, hidung dan mata sebelum mencuci tangan dengan sabun," ungkapnya dalam video streaming konferensi pers GTPP Covid-19 Provinsi Sumut, Kamis (14/05/2020).

Kemudian, sambung Aris, harus disadari betul penggunaan masker bukan hanya untuk yang sakit tetapi juga yang sehat. Selanjutnya, selalu menjaga jarak fisik saat berinteraksi ketika harus keluar rumah, batasi waktu dan tidak berkerumun. "Cara paling aman agar terhindar dari penularan virus corona adalah tetap di rumah, namun tetap produktif," tandasnya. (BS04)


Tag:COVID 19COVID-19GTTP SumutPemprov SumutUpdate Covid19Virus Corona