Kesehatan

Total Dua Pasien Positif Corona di Sumut, Satu Sudah Meninggal


Total Dua Pasien Positif Corona di Sumut, Satu Sudah Meninggal
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Seorang warga Sumatera Utara (Sumut) kembali dipastikan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Karenanya saat ini, jumlah warga Sumut yang positif Covid-19 telah menjadi 2 orang, dimana satu diantaranya telah meninggal dunia pada, Selasa (17/03/2020) malam kemarin.
 
Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan melalui Sekretaris Dinas Kesehatan dr Aris Yudhariansyah yang dikonfirmasi membenarkan adanya penambahan ini. Hal ini menyusul pernyataan Jubir Penanganan Covid-19 pemerintah, Achmad Yurianto, yang sebelumnya menyebutkan bahwa kasus positif Corona di Sumut sudah naik menjadi 2 (dua). "Benar, saat ini kasus positif Covid-19 di Sumut sudah menjadi 2," ungkapnya kepada wartawan, Kamis (19/03/2020).
 
Aris menjelaskan, satu orang positif Covid-19 ini merupakan salah satu dari PDP yang tengah diisolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) HAJI Haji Adam Malik. Namun ia tidak menyebutkan, apakah PDP yang positif tersebut memiliki jejak riwayat yang sama dengan PDP 01 Yang sebelumnya sudah meninggal. "Pasien yang positif tersebut merupakan PDP di RS Adam Malik," jelasnya. 
 
Oleh karena itu, Aris mengaku, Dinas Kesehatan Sumut telah melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) kepada para kontak erat kedua PDP positif tersebut. "Saat ini Dinkes sudah melakukan PE kepada kontak erat keduanya," pungkasnya. 
 
Senada, Kassubag Humas RSUP Haji Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak yang dikonfirmasi juga menyatakan, saat ini sudah ada 2 PDP yang didiagnosa positif Covid-19. Namun kata dia, PDP tersebut masih dalam perawatan. "Benar sudah ada 2, dan PDP itu masih kita rawat," terangnya.
 
Oleh karena itu, Rosa memaparkan, saat ini Rumah Sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ini masih merawat 11 orang PDP. Dimana sebelumnya 3 sudah dipulangkan karena negatif, dan 1 meninggal dunia karena positif Covid-19. (BS04)

Tag:COVID 19COVID-19Dinkes MedanPemko MedanRSUP HAMVirus Corona