Kamis, 19 September 2019
  • Home
  • Kesehatan
  • Tinjau UPT RS Pemprov Sumut, Wagub Berharap Pelayanan Pasien Ditingkatkan

Tinjau UPT RS Pemprov Sumut, Wagub Berharap Pelayanan Pasien Ditingkatkan

Selasa, 07 Mei 2019 13:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah meninjau Unit Pelayanan Terpadu Rumah Sakit Khusus Mata (RSKM) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) di Jalan Kapten Sumarsono, Helvetia dan UPT RS Khusus Paru Pemprov Sumut, Jalan Asrama, Medan, Senin (06/05/2019). 
 
Dalam peninjauan itu, Wagub Sumut mengharapkan UPT bisa meningkatkan pelayanannya bagi pasien.
 
Hal tersebut harus dilakukan karena sesuai dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yakni peningkatan pelayanan kesehatan. “Kita ingin kesehatan masyarakat Sumatera Utara harus meningkat, masyarakat harus lebih sehat, pelayanan harus kita tingkatkan lebih baik lagi, sarana dan prasarana harus kita perhatikan betul,” ujarnya.
 
Mengenai fasilitas bagi pasien, Wagub Sumut mengatakan hal tersebut harus menjadi perhatian baik oleh UPT maupun OPD terkait. Selain itu, dikatakannya, fasilitas seperti ruang operasi juga diharapkan bisa higienis karena menyangkut pasien. “Ini hal penting diperhatikan, peralatan medis juga harus higienis,” katanya.
 
Dikatakan Wagub Sumut, tenaga ahli dokter yang dimiliki UPT seperti UPT RSKM Pemprov Sumut sudah baik. Meski begitu, Wagub Sumut mengharapkan hal itu tetap ditingkatkan. “Supaya dokter kita handal menangani segala macam penyakit yang menjadi keluhan masyarakat,” ujarnya.
 
Wagub Sumut yakin hal tersebut dapat tercapai jika UPT dan OPD terkait memiliki visi dan misi yang sama dengan dirinya Gubernur dan Wakil Gubernur. “Saya yakin kita mampu menjadi yang terbaik, tergantung bagaimana komitmen kita,” ujarnya.
 
Dalam kesempatan itu, Wagub Sumut juga menandatangani komitmen bersama Dinas Kesehatan Provsu dengan UPT RS Khusus Mata (RSKM) yang dipampangkan pada kain rentang (spanduk) dalam rangka peningkatan mutu kualitas pelayanan dan akreditasi rumah sakit. Tidak hanya menandatangani komitmen tapi Wagub Sumut juga langsung menuliskan kalimat ; ‘Tingkatkan Pelayanan dan Jaga Kebersihan’.
 
Kepala UPT RSKM Pemprov Sumut, Rehulina Ginting mengatakan RS Khusus Mata telah berdiri selama 2 tahun. Dikatakannya UPT tersebut memiliki keunggulan di bidang laser. Oleh karena itu, Ia mengharapkan kunjungan pasien ke RS Khusus Mata Pemprov Sumut dapat meningkat lagi.
 
Selanjutnya Wagub Sumut meninjau UPT RS Khusus Paru Pemprov Sumut, yang berada di Jalan Asrama Medan. Dalam kesempatan itu, dia mengatakan keberadaan UPT RS Khusus Paru diharapkan bisa menekan jumlah pasien penyakit paru, khususnya TBC yang ada di Sumatera Utara.
 
“Kita inginkan angka pengidap TBC bisa kita tekan. Apalagi saat ini kita memiliki RS Khusus Paru, ke depan peningkatan pelayanan kesehatan dan tenaga medis yang ada bisa mengurangi angka pengidap TBC,” katanya.
 
Mengenai UPT RS Khusus Paru Pemprov Sumut, Wagub Sumut mengatakan akan memikirkan tentang rencana penempatan rumah sakit tersebut. Menurutnya lahan rumah sakit saat ini tidak memadai untuk standar rumah sakit. “Ke depan akan kita pikirkan, dan akan kita rencanakan untuk penempatan rumah sakit yang baru ataukah bergabung dengan rumah sakit haji yang berada di bawah Pemprov Sumut ataukah membuka area baru,” katanya.
 
Sementara kepada ASN yang berada di UPT tersebut, Wagub Sumut berpesan agar dapat bekerja dengan sepenuh hati dan bertanggung jawab pada pekerjaannya. “Saya minta Anda bekerja sesuai pekerjannya masing-masing, dan terus berkoordinasi, tidak bisa jalan sendiri-sendiri,” pesannya.
 
Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Agustama yang ikut mendampingi Wagub Sumut mengatakan, UPT Dinas Kesehatan seperti rumah sakit dan sebagainya bisa melakukan pelayanan prima. Meski begitu menurutnya banyak yang harus dibenahi agar bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.(BS03)
T#g:Kesehatanpelayanan kesehatanPemprov SumutRumah Sakit
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    HUT ke-14 HIMPAUDI, Ketua TP PKK Sumut Ajak Anak Makan Ikan untuk Cegah Stunting

    Beritasumut.com–Ratusan anak dari berbagai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Medan bergembira bersama di Aula Raja Inal Siregar, Lanta

  • 2 hari lalu

    Pemprov dan KI Sumut Komitmen Tingkatkan Keterbukaan Informasi

    Beritasumut.com–Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut

  • 6 hari lalu

    Siswa Chandra Kumala School Raih 4 Emas dan 25 Perak di WSC Manila 2019, Wagubsu Berikan Apresiasi

    Beritasumut.com–Sebanyak 18 siswa dan siswi Chandra Kumala School Deli Serdang, provinsi Sumatera Utara (Sumut), berhasil menorehkan prestasi

  • 7 hari lalu

    Uang Pemprovsu Rp 1,6 Milyar Hilang di Parkiran Kantor Gubernur, Kapolda Sumut Heran

    Beritasumut.com–Menyoal hilangnya uang tunai Rp1,6 Milyar atau senilai Rp 1.672.985.500,- dalam mobil yang berada di parkiran Kantor Gubernur

  • 7 hari lalu

    Sail Nias 2019, Edy Rahmayadi Harap Sumut Jadi Tuan Rumah yang Baik

    Beritasumut.com–Jelang acara puncak kegiatan Sail Nias 2019 yang jatuh pada tanggal 13-14 September, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahm

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.