Kesehatan

Tekan Penyebaran Pandemi Wabah Corona, Bupati Gelar Rapat Forkopimda, Tinjauan Karantina dan Vidcon dengan Gubsu


Tekan Penyebaran Pandemi Wabah Corona, Bupati Gelar Rapat Forkopimda, Tinjauan Karantina dan Vidcon dengan Gubsu
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Meski hingga kini, warga Kabupaten Langkat belum ada positif Covid-19, Bupati Langkat Terbit Rencana PA tetap terus melakukan langkah-langkah strategis menekan pandemi corona diwilayahnya.

Bupati yang kini menjabat Ketua Satgas Gugus Percepatan Pencegahan Covid-19, kembali melaksanakan Rapat Koordinasi dengan unsur Forkopimda, di Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Senin (06/04/2020). Tujuannya, untuk meningkatkan koordinasi tim Gugus Covid-19, agar semakin fokus menujukan perhatian dan kepedulian dalam kesiagaan serta kewaspadaan, sesuai masing-masing tupoksinya. "Sebab penyebaran virus corona masih berlangsung," tandasnya.

Jadi diharapkan, kata Bupati, tim Gugus ini dapat menemukan solusi, jika menghadapi permasalahan yang memerlukan penanganan. "Mari kita kuatkan keterpaduan ini, jangan ada yang saling menyalahkan,"pungkasnya.

Usai rapat, Bupati bersama rombongan mengunjungi warga karantina di Gedung PKK Langkat, untuk memberikan semangat moral. Satu persatu kamar yang dihuni masyarakat karantina didatangi Bupati.

Selain menanyakan jika ada keluhan, Bupati menyarankan agar warga tidak setres, selalu menjaga kebersihan dan pola makan yang baik. Hal ini untuk kebaikan bersama, agar diri sendiri, keluarga dan masyarakat Langkat sehat semua, tidak ada yang terinfeksi corona. "Jangan ada yang berpikir tidak-tidak, karantina ini tujuannya untuk kebaikan bersama. Nanti setelah 14 hari dibolehkan kembali kerumah," pintanya.

Bupati juga memahamkan warga, agar selalu mengikuti semua aturan yang ditetapkan petugas. Sehingga secepatnya wabah corona segera berlalu. "Diikuti intruksi petugas ya. Mari kita sama-sama berdoa agar keadaan ini segera membaik, sehingga kita segera bisa beraktivitas seperti biasa,"ajaknya.

Kepada para petugas, Bupati meminta, agar selalu memperhatikan kesehatan diri serta warga. Terutama waktu makan, jangan sampai terlambat. Sementara, untuk warga karantina mandiri, Bupati menerangkan, mereka selalu dipantau tenaga kesehatan bekerjasama dengan pemerintah Desa. "Jadi jika ada kebutuhan yang diperlukan, bisa segera ditindaklanjuti,"sebutnya, sembari menyampaikan, pihaknya juga tengah meninjau lokasi layak lainnya untuk penambahan tempat karantina.

Sebelumnya, Bupati melaksanakan Video Conference (Vidcon) dengan Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi bersama kepala daerah se Sumut, dari Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat. Pada Vidcon, Bupati melaporkan, terdata kasus corona di Langkat. Kini jumlah 2442 OTG orang, ODP 24 orang selesai pemantauan 13 orang dan PDP 4 orang. "Bagi OTG , 72 orang sedang menjalani karantina di gedung PKK dan selebihnya karantina mandiri dirumah. Sedangkan ODP dan PDP menjalani isolasi di rumah sakit rujukan," paparnya.

Sementara Gubsu, memita kepada Bupati Langkat untuk terus berkoordinasi dan melaporkan berbagai kekurangan yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19. Sebab pemprovsu agar selalu memberikan dukungan yang diperlukan. "Jika rumah sakit rujukan smentara di Langkat tidak cukup, bawah saja ke Medan, kami akan membantu memfasilitasi," tegas mantan Pangkostrad.

Turut hadir wakil Bupati Langkat, Sekdakab Langkat, Kapolres Langkat, Kajari Langkat, ketua MUI, ketua FKUB, Kankan Kemenag Langsung, perwakilan Dandim 0203/Lkt, ketua PMI, para pemimpin OPD Pemkab Langsung dan para anggota tim Satgas Gugus Covid-19 lainnya.(BS10)


Tag:Pemkab LangkatCorona