Kesehatan

Stok Darah Kurang, PMI Medan Minta Bantuan ke PMI Tangerang


Stok Darah Kurang, PMI Medan Minta Bantuan ke PMI Tangerang
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Kepala Seksi Bank Darah Rumah Sakit dan Pemeliharaan Pelestarian Donor Darah Sukarela UTD PMI Medan, dr Ira Fitrianti Putri Lubis mengatakan, pihaknya memang mengalami kekurangan kantong darah, khususnya golongan AB. Kekurangan ini tampak dari jumlah stok kantong darah masuk, yakni hanya sekitar 589 kantong, sementara darah yang keluar sebanyak 678 kantong.
 
Guna mengatasi kekurangan tersebut, PMI sampai harus meminta bantuan sebanyak 350 kantong darah ke PMI Tangerang."Stok darah memang menipis, sedangkan kegiatan donor minim selama lebaran, ditambah golongan darah AB yang susah dicari juga. Jadi, kita ambil kebijakan untuk dropping ke rekan sejawat dari UTD PMI Tangerang," ujarnya kepada wartawan, Selasa (04/07/2017).
 
Ira memaparkan, di antara kantong darah yang masuk itu, golongan darah A sebanyak 171 kantong, B 185 kantong, O 210 kantong dan AB 42 kantong. Sedangkan untuk kantong darah yang keluar, golongan darah A sebanyak 157 kantong, B 178 kantong, O 256 kantong dan AB 41 kantong."Golongan darah yang paling banyak keluar O. Untuk golongan darah O rhesus negatif yang keluar sebanyak empat kantong. Data ini dari 27 Juni sampai 2 Juli," jelasnya.
 
Ira mengaku, PMI Medan meminta pasokan stok darah ke PMI Tangerang sebanyak dua kali pada 24 dan 27 Juni. Proses pengiriman dilakukan melalui pesawat dan memakan waktu sehari."Setelah meminta bantuan ke PMI Tangerang, sejauh ini stok kita memang cukup aman. Walaupun belum terlalu stabil, tetapi cukup untuk memenuhi kebutuhan yang ada," terangnya.
 
Sementara itu, untuk stok darah sehat, Selasa (04/07/2017) totalnya ada 380 kantong. Rinciannya yakni, golongan darah A sebanyak 112 kantong, B 97 kantong, AB 15 kantong dan O 156 kantong.
 
Untuk itu pihaknya mengimbau bagi warga Kota Medan yang ingin mendonorkan darahnya supaya dapat datang langsung ke UTD PMI Kota Medan yang dibuka 7x24 jam setiap hari. Sedangkan bagi keluarga pasien yang membutuhkan darah, sambung dia, juga dapat langsung datang ke UTD PMI Kota Medan dengan membawa formulir permintaan dari rumah sakit.
 
"Ayo kita beramal untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, guna menyambung kehidupan mereka," pungkas Ira seraya berharap warga dapat menyumbangkan darahnya.(BS07)

Tag:DarahDonor DarahPMIPMI Kota Medan