Selasa, 28 Januari 2020
  • Home
  • Kesehatan
  • Sinergi BPOM RI dengan Pemda dan Akademisi untuk Masyarakat Sumut

Sinergi BPOM RI dengan Pemda dan Akademisi untuk Masyarakat Sumut

Selasa, 01 Januari 2019 15:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Kepala BPOM RI, Penny K.Lukito dan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Runtung Sitepu sepakat untuk bersinergi dalam pengawasan obat dan makanan melalui penandatanganan kesepakatan bersama antara BPOM RI dengan USU tentang Kerja Sama di Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat, pertengahan pekan kemarin.
 
Dilansir dari laman pom.go.id, Selasa (01/01/2019), kesepakatan bersama yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan pendidikan, pelatihan, kursus, workshop, seminar, penelitian, publikasi ilmiah, serta penguatan pengawasan obat dan makanan ini, diharapkan dapat mendukung peningkatan perlindungan masyarakat dan daya saing bangsa.
 
Penny K Lukito mengatakan, bahwa pengembangan SDM merupakan salah satu prioritas BPOM RI untuk mewujudkan kinerja organisasi dan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. “SDM BPOM RI didorong untuk bersikap terbuka, inovatif, dan kreatif dalam menjawab berbagai permasalahan dan tantangan pengawasan obat dan makanan. Revolusi industri 4.0 menuntut SDM Indonesia, termasuk BPOM RI, harus siap menuju perubahan besar seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat,” ungkap Penny K Lukito. 
 
“Terlebih mengingat industri farmasi, kosmetik, produk herbal, dan pangan yang disebut sebagai wellness industry termasuk sektor industri prioritas dalam Making Indonesia 4.0 dan menjadi andalan revolusi industri di Indonesia, karena memiliki added value tinggi,” lanjutnya.
 
Sumatera Utara (Sumut) termasuk salah satu dari 18 destinasi wisata internasional yang terdaftar sebagai lokasi pariwisata berkelanjutan atau Sustainable Tourism Observatory (STO) yang ditetapkan oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO). Potensi dan kapasitas Sumatera Utara sebagai destinasi wisata berkelanjutan, sangat didukung dengan kekayaan budaya dan produk kuliner khas lokal. BPOM RI khususnya Balai Besar POM (BBPOM) di Medan siap mendukung penuh pengembangan destinasi wisata tersebut melalui obat dan makanan yang aman, berkhasiat/bermanfaat, dan bermutu.
 
Pada kesempatan ini, dilakukan juga penandatanganan kesepakatan bersama dan nota kesepahaman BBPOM di Medan dengan pemerintah kabupaten Toba Samosir, pemerintah kota Tanjungbalai, pemerintah kota Padang Sidempuan, dan pemerintah kabupaten Karo mengenai Pengawasan Bahan Berbahaya yang Disalahgunakan dalam Pangan. Kesepakatan bersama dan nota kesepahaman juga dilakukan dengan Institut Kesehatan Delihusada, Universitas Sari Mutiara, dan Institut Kesehatan Medistra mengenai Pemberdayaan dan Pengembangan Mahasiswa dalam Program Pengawasan Obat dan Makanan.
 
Saat ini BPOM RI sudah hadir di Ibukota Provinsi Sumut serta Kota Tanjungbalai dan Kabupaten Toba Samosir untuk mengawal keamanan, khasiat/manfaat, dan mutu obat dan makanan. “Karena itu, kami optimis penandatanganan kesepakatan bersama antara BPOM RI dengan USU dan Pemerintah 7 kabupaten/kota di Sumatera Utara tentang Pengawasan Obat dan Makanan menjadi momentum penguatan komitmen yang akan kita implementasikan dalam program kegiatan konkrit untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan daya saing bangsa,” pungkas Kepala BPOM RI.(BS09)
T#g:BPOMMakananUSU
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 19 jam lalu

    Bangun Balai Dusun Pulau Osi, Satgas Yonif RK 136/TS Maluku Gotong Royong Bersama Warga

    Beritasumut.com-Dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI bersama Rakyat, anggota Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/Tuah Sakti (Yonif RK 136/TS)

  • 2 hari lalu

    Hari Gizi dan Makanan 2020, Prajurit Kostrad Ajak Anak-Anak Perbatasan Minum Susu

    Beritasumut.com-Dalam rangka memperingati Hari Gizi dan Makanan yang diperingati setiap tanggal 25 Januari, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw K

  • 2 hari lalu

    Belajar Mengelola Sampah Melalui Sosialisasi Program Kampoeng Kadin 14 di USU

    Beritasumut.com-Biro Sistem Informasi Perencanaan dan Pengembangan Universitas Sumatera Utara (USU) bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (K

  • 2 hari lalu

    Kembangkan Pembangunan Kebudayaan, Unimed dan USU Jalin Kerjasama dengan Pusan National University Korea

    Beritasumut.com-Pusan National University Korea jalin kerjasama dengan Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Sumatera Utara (USU) denga

  • 5 hari lalu

    Berikan Tali Asih, Kapolres Simalungun Sambangi Anak Penderita Saraf Motorik di Bosar Maligas

    Beritasumut.com–Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, didampingi Ketua Bhayangkari Simalungun Cathy Heri Ompusunggu menyambangi ked

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.