Sabtu, 17 Agustus 2019

Saat Mudik, JKN Bisa Digunakan di Faskes Manapun

Kamis, 30 Mei 2019 14:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Risiko masalah kesehatan atau kecelakan bisa terjadi saat mudik. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr Bambang Wibowo SpOG MARS mengingatkan untuk pemudik jangan lupa membawa kartu JKN.
 
"Sama seperti tahun lalau, siapapun yang punya JKN, ketika mudik bisa digunakan di mana saja, apalagi emergency. Ini kemudahan yang difasilitasi," ungkap dr Bambang dilansir dari laman depkes, Kamis (30/05/2019).
 
Dirjen Bambang menambahkan ketentuan JKN bisa digunakan di Faskes manapun saat mudik sudah dilakukan sejak 2 tahun lalu. Ia mengaharapkan walau bagaimanapun JKN jangan sampai digunakan, artinya semuanya sehat dan selamat sampai tujuan.Kami harapkan pemudik jangan sampai menggunakan JKN, itu artinya pemudik sehat, dan selamat sampai tujuan. Untuk itu perlu menjaga kesehatan sejak sebelum berangkat mudik hingga saat mudik bahkan ketika balik," kata Dirjen.
 
Senada dengan Dirjen, Menteri Kesehatan (Menkes) menginginkan jangan sampai pemudik sakit, apalagi sampai masuk rumah sakit atau kecelakaan. Istirahatlah ketika lelah, atau setelah menempuh perjalanan 4 jam bagi pemudik menggunakan mobil dan 2 jam bagi pemudik yang menggunakan motor."Merencanakan itu utama, yang paling bahaya itu mengantuk saat berkendara," kata Nila.
 
Selain itu, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr Kirana Pritasari MQIH mengatakan untuk menjaga kesehatan harus dimulai dari diri sendiri."Kesehatan saat mudik harus dimulai dari diri sendiri. Persiapkan bekal yang kita bawa, kalau kita bawa anak harus hati-hati jangan makan di sembarang tempat, lebih baik kita bawa bekal. Jangan lupa cuci tangan pakai sabun," pungkasnya.(BS09)
T#g:FaskesJKSKISlebaranMudik
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Dua Kurir Sabu Diamankan Polsek Kota Kisaran

    Beritasumut.com–Dua kurir narkotika jenis Sabu-sabu, WP alias Wanda (22) dan rekannya AK alias Ana (25), keduanya warga komplek PT BSP Tbk Bu

  • 2 bulan lalu

    Dua Bandar Sabu Asal Kisaran Ditangkap Polisi

    Beritasumut.com-Polsek Kota Kisaran berhasil menangkap dua pria yang diduga Bandar Narkotika jenis Sabu-sabu. Keduanya adalah FR alias Gedo (23) wa

  • 2 bulan lalu

    Calon Penumpang Bus ALS Mendadak Tewas di Loket

    Beritasumut.com-Seorang calon penumpang bus ALS, bernama Eddy Nasution (42) warga Silayang-layang Kelurahan Wek II Kecamatan Psp Utara, mendadak me

  • 2 bulan lalu

    Ustadz Munzir Situmorang: Usai Ramadhan Sedekah dan Ibadah Lainnya Juga Harus Berlomba-lomba

    Beritasumut.com-Badan Kemakmuran Masjid (BKM) As Sakinah menggelar Halal Bihalal di Masjid As Sakinah Komplek Citra Garden Jumat malam (14/06/2019)

  • 2 bulan lalu

    Halal Bihalal Jemaah Masjid Al Akbar Grand Monaco dan PT SLL Group Menghadirkan Ustadz Munzir Situmorang

    Beritasumut.com-Setelah sukses menghadirkan Ustadz Kondang Das'ad Latif, Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Akbar Komplek Grand Monaco bekerja sa

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.