Rabu, 16 Oktober 2019
  • Home
  • Kesehatan
  • Resmikan Forkom GERMAS, Wagubsu Harapkan Banyak Program Sentuh Masyarakat Daerah

Resmikan Forkom GERMAS, Wagubsu Harapkan Banyak Program Sentuh Masyarakat Daerah

Sabtu, 03 Agustus 2019 23:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah menghadiri sekaligus meresmikan pembentukan Forum Komunitas (Forkom) Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) Nusantara Indonesia tingkat Provinsi Sumut, Sabtu (03/08/2019), di Auditorium Institut Kesehatan Deli Husada, Jalan Besar Deli Tua, No.77, Kabupaten Deli Serdang. Diharapkannya, program Forkom GERMAS ini nantinya lebih banyak menyentuh masyarakat di daerah-daerah.
 
"Tidak bisa kita pungkiri bahwa masih banyak saudara-saudara kita di daerah yang belum memperoleh pelayanan kesehatan secara maksimal. Begitu pula dengan edukasi dan sosialisasi kesehatan. Untuk itu, saya berharap kehadiran Forkom GERMAS ini nantinya mampu membantu memberi solusi melalui program-program dan aktivitasnya," ucap Wagubsu.
 
Menurut Wagubsu, wilayah Sumut yang begitu luas yakni terdiri dari 33 kabupaten/kota, tentu tidak mudah untuk dijangkau semuanya oleh Pemerintah Provinsi Sumut. Dibutuhkan juga partisipasi aktif dari berbagai pihak, salah satunya seperti Forkom GERMAS ini. Semakin banyak yang terlibat, semakin cepat program pembangunan dan pelayanan kesehatan terwujud.
 
"Kalau pelayanan kesehatan sudah mantap, maka hak dasar rakyat kita terpenuhi. Apalagi kalau dibarengi juga dengan sosialiasi yang bersifat preventif, sehingga masyarakat paham dan sadar untuk menjaga kesehatannya sendiri. Kalau masyarakat kita prima, tentu memudahkan perwujudan Sumut Bermartabat," terang Wagubsu.
 
Selain meresmikan Forkom Germas, Wagubsu juga hadir untuk membuka Seminar Nasional Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Reuni Akbar Alumni Pascasarjana Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua Angkatan 2014-2019. Musa Rajekshah mengajak para alumni untuk berbuat yang terbaik demi peningkatan kualitas pelayan kesehatan di Sumut. Sehingga, masyarakat Sumut tidak perlu lagi harus ke Luar Negeri untuk berobat.
 
Ketua Umum Forkom GERMAS Nusantara Indonesia Sumut sekaligus Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Institut Kesehatan Deli Husada Jon Piter Sinaga menyampaikan bahwa pembentukan Forkom GERMAS berawal dari ide program pascasarjana Institut Kesehatan Deli Husada. Tujuannya, sebagai pendamping resmi pemerintah untuk mewujudkan GERMAS Nusantara Indonesia secara maksimal di tengah masyarakat.
 
Sebelumnya, Rektor Institut Kesehatan Deli Husada Drs Johannes Sembiring MPd MKes menjelaskan bahwa pendidikan Institut Kesehatan Deli Husada diawali sejak tahun 1984 dengan jumlah siswa saat itu hanya 57 orang. Hingga kini, Institut Kesehatan Deli Husada telah meluluskan sebanyak 12.566 orang di mana ratusan alumninya banyak yang diterima bekerja di Jepang.
 
"Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih atas kehadiran Wakil Gubernur bersama kami hari ini di sini. Suatu kehormatan bagi kami untuk menerima Bapak. Institut Kesehatan Deli Husada akan selalu siap untuk mendukung program-program Pemprov, khususnya di bidang kesehatan," tutur Johannes.
 
Acara peresmian Forkom GERMAS dan pembukaan seminar ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Gubernur Musa Rajekhsah.Turut hadir dalam acara tersebut Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut N.G Hikmet, Kepala Subdit Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Kamal Amiruddin, Wakil Direktur Narkoba Poldasu AKBP Franky Yusandy, Ketua Yayasan Rumah Sakit Umum Sembiring Deli Tua Terulin Meliala, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Sembiring Deli Tua Alfrindo Meliala, Sultan Serdang Tengku Ahmad Tala'ah, seluruh alumni pascasarjana Institut Kesehatan Deli Husada angkatan I s/d VI, dan para civitas akademik Institut Kesehatan Deli Husada.(BS03)
T#g:Forkom GERMASInstitut Kesehatan Deli HusadaWagub
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 22 jam lalu

    Pemprov Sumut Dukung Upaya Penurunan Tingkat Kematian Ibu dan Bayi

    Beritasumut.com–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi dan mendukung program USAID Jalin di Sumut, yang bertujuan

  • 4 hari lalu

    Ustadz Subhan Bawazier Isi Kajian Islami di Medan, Wagub Berharap jadi Pengingat dan Penguat Iman

    Beritasumut.com–Untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan keimanan para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utar

  • 5 hari lalu

    Wagubsu Sebut Masyarakat Agamis Harus Miliki Ruang Ibadah yang Layak

    Beritasumut.com-Masyarakat yang agamis adalah masyarakat yang memiliki keimanan, taat ibadah, dan menjunjung nilai-nilai spiritual dalam aktivitas

  • 6 hari lalu

    UMA Gelar Kemah Konservasi, Ijeck Harapkan Pelestarian Lingkungan Tak Hanya Seremonial

    Beritasumut.com–Upaya pelestarian lingkungan diharapkan tidak hanya sebatas seremonial, tetapi dilakukan secara sungguh-sungguh dalam kehidup

  • 6 hari lalu

    Wagub Sumut: Kreativitas Membuat Sampah Jadi Berkah

    Beritasumut.com–Berbagai produk-produk inovasi dihasilkan masyarakat Dusun XVIII Desa Percut. Tidak hanya sampah anorganik, sampah organik ya

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.