Sabtu, 25 Januari 2020
  • Home
  • Kesehatan
  • Raih JCI, RSUP Haji Adam Malik Medan Sandang Predikat Layanan Berstandar Internasional

Raih JCI, RSUP Haji Adam Malik Medan Sandang Predikat Layanan Berstandar Internasional

Rabu, 12 Juni 2019 22:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS09
Beritasumut.com-Usai meraih akreditasi Joint Commission International (JCI), Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan akhirnya secara resmi menyandang predikat layanan berstandar internasional, Selasa (11/06/2019).  
 
Direktur Utama RSUP Haji Adam Malik, dr Bambang Prabowo MKes mengatakan jika akreditasi JCI ini merupakan sebuah pengakuan dari lembaga internasional untuk menilai standar pelayanan rumah sakit apakah sudah sesuai dengan kaidah internasional. Misalnya, jelas dia, jika ada pasien yang masuk ke rumah sakit, sudah ada standar layanan yang akan diberikan. 
 
"Tapi tolong jangan samakan misalnya, RS Adam Malik dengan RS di Eropa, Amerika, ataupun Jepang. Semua memang JCI, tapi di sini yang dibicarakan adalah standar layanannya, bukan bicara masalah peralatan ataupun infrastruktur," ujar Bambang. 
 
Untuk itu tegas dia, bicara JCI, adalah merubah budaya (pelayanan) yang ada. Karena ujar dia, tujuan dari JCI tersebut ialah bagaimana meningkatkan kualitas layanan rumah sakit dan keselamatan pasien (patient safety)."Misalnya pasien dengan serangan jantung yang datang, harus mendapatkan penanganan dalam waktu yang sudah ditentukan," jelasnya.
 
Karenanya kedepan, Bambang menyebutkan, setelah mendapatkan akreditasi JCI ini, pihaknya akan mengembangkan sejumlah unit layanan yang ada. Diantaranya adalah terkait fasilitas layanan kanker, termasuk juga memperbaiki beberapa unit kamar pasien yang belum terstandar. "Sertifikat JCI berlaku selama 3 tahun. Selanjutnya akan meningkatkan terus, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan pelayanan," terangnyaa.
 
Sementara, Ketua Pelaksana Persiapan JCI RSUP Haji Adam Malik Medan, Mardianto mengungkapkan bahwa proses mendapatkan sertifikasi JCI sangat panjang. Seharusnya RSUP Haji Adam Malik sudah menyandang akreditasi ini sejak tahun 2012 lalu, namun baru diperoleh pada tahun 2019 ini. "Kita berjuang hampir 8 tahun dan sudah keluar serial akreditasi berbeda setiap tahunnya," katanya.
 
Adapun tujuan utamanya sertifikasi ini, terang dia, yakni untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien. Sehingga lanjutnya, semua orang yang bekerja di Rumah Sakit Adam Malik kedepan fokusnya hanya pada pasien tidak lagi ke yang lain-lain."Jadi harus dibedakan sisi marketing dan sisi standarnya. Pasien dan keselamatan pasien adalah fokus utama," terangnya.
 
Mardianto juga menambahkan, semua pasien yang datang, harus ada ukuran atau indikator termasuk pemenuhan dalam standar agar pasien selamat sampai di rumah sakit. Apalagi ucap dia, Rumah Sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ini bukan rumah sakit biasa, karena merupakan rumah sakit pendidikan jadi ada perbedaan. "Maka dari itu akreditasi yang kita terima yakni standar Academic Medical Center. Di mana anak didik di rumah sakit tipe A di Sumut ini harus mengerti dan diwajibkan dengan pelayanan standar internasional ini," tutupnya.(BS09)
 
T#g:JCIRS Adam MalikRSUP Haji Adam Malik MedanRumah Sakit
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Resmikan Stroke Center, Wagub Sumut Harapkan Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan

    Beritasumut.com-Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meresmikan  Stroke Center yang berada di Lantai 10, Rumah Sakit U

  • 4 minggu lalu

    RSUD Pandan, Satu-satunya RS Pemerintah Tipe C se-Sumut Peraih Bintang IV dari KARS

    Beritasumut.com-Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) menetapkan RSUD Pandan naik peringkat status Akreditasi menjadi Tingkat Utama atau rating Bint

  • satu bulan lalu

    Tinjau RSUD Dr Pirngadi Medan, Plt Wali Kota Medan Minta Pelayanan Kesehatan Ditingkatkan

    Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau fasilitas kesehatan kelas tiga di RSUD Dr Pirngadi Medan,

  • satu bulan lalu

    Dirujuk dari RSUD Panyabungan, Dua Anak Terduga Suspect Difteri Dirawat di RSUP Haji Adam Malik Medan

    Beritasumut.com-Dua anak berinisial AS (11) berjenis kelamin perempuan dan AA (8) berjenis kelamin laki-laki dirujuk dari Rumah Sakit Umum Daerah (

  • satu bulan lalu

    Nawal Harap Para Dokter di Sumut Bisa Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat

    Beritasumut.com-Para dokter diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga derajat kesehatan masyarakat Sumut dapat

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.