Senin, 17 Februari 2020
  • Home
  • Kesehatan
  • RSUD Pandan, Satu-satunya RS Pemerintah Tipe C se-Sumut Peraih Bintang IV dari KARS

RSUD Pandan, Satu-satunya RS Pemerintah Tipe C se-Sumut Peraih Bintang IV dari KARS

Minggu, 29 Desember 2019 09:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) menetapkan RSUD Pandan naik peringkat status Akreditasi menjadi Tingkat Utama atau rating Bintang IV.Hal ini terungkap dari Surat KARS kepada Direktur Utama RSU Pandan tanggal 20 November 2019 mengenai Laporan Hasil Survey yang beberapa waktu lalu dilaksanakan.
 
“Hasil survey RS Umum Daerah Pandan, dari 15 bab yang dilakukan survey mencapai >=60 % dan <80 %. Berdasarkan hasil survey tersebut Rumah Sakit mendapatkan status akreditasi : Tingkat Utama,” seperti dikutip dari Surat KARS bernomor f/KARS-REG/xi/2019 yang ditandatangani Dr dr Sutoto MKes selaku Ketua Eksekutif KARS.
 
Selain mendapatkan kenaikan status akreditasi menjadi Tingkat Utama hingga 3 level yang sebelumnya memiliki status Tingkat Dasar atau Level Bintang I, ternyata dari website resmi KARS (23/12/2019) diketahui, RSUD Pandan merupakan satu-satunya rumah sakit milik pemerintah daerah tipe C yang bisa mencapai rating Level Bintang IV.Dengan kata lain, tinggal selangkah lagi menuju Level Bintang V yang merupakan level tertinggi penilaian akreditasi dari KARS.
 
Menanggapi prestasi yang diraih RSUD Pandan, Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani mengaku bangga dan meminta pihak RSUD Pandan tetap mempertahankan prestasi yang telah dicapai.“Saya minta kepada Direktur, dokter, perawat serta staf di RSUD Pandan agar mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah di capai. Pelayanan terhadap pasien dan keluarga pasien selalu diperhatikan dan diutamakan,” kata Bupati dilansir dari laman tapteng.go.id, Minggu (29/12/2019)
 
Sementara itu, Direktur RSUD Pandan, dr Rikky N Harahap MKes mengaku bangga dan berterima kasih kepada Bupati Tapteng yang selalu memberikan bimbingan hingga RSUD Pandan bisa mendapatkan akreditasi melampaui target yang diharapkan.
 
“Target kami saat dilakukan Survey oleh KARS naik dari Tingkat Dasar menjadi Tingkat Madya atau Bintang III Pak. Ternyata RSUD Pandan bisa lulus Akreditasi versi SNARS Edisi I dengan peringkat Utama atau Bintang IV. Ini semua berkat bimbingan dari Pak Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani yang selalu mengingatkan kami untuk mengutamakan pelayanan pasien.Dengan adanya Akreditasi Tingkat Utama Level Bintang IV ini, dipastikan pihak BPJS Kesehatan tetap menjalin kerjasama dengan RSUD Pandan,” papar Rikky.
 
Rikky menambahkan, pengambilan Sertifikat atas lulusnya RSUD Pandan Akreditasi Tingkat Utama atau Bintang IV akan dilakukan di Sekretariat KARS di Jakarta Selatan dalam waktu dekat ini.Untuk diketahui RSU Type C yang memperoleh Rating Bintang IV atau Tingkat Utama sebanyak 10 rumah sakit. Hanya RSUD Pandan yang milik Pemkab, 9 rumah sakit lainnya milik Swasta, Yayasan, dan TNI-Polri.
 
KARS sendiri bertugas dan berfungsi melaksanakan akreditasi bagi rumah sakit di Indonesia. Akreditasi adalah pengakuan resmi kepada rumah sakit yang telah memenuhi standar nasional pelayanan kesehatan dan wajib dilakukan oleh semua rumah sakit. Hal ini sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 417/Menkes/Per/II/2011.
 
Berdasar peraturan tersebut, KARS juga merupakan lembaga yang independen dalam melaksanakan akreditasi rumah sakit yang bersifat fungsional, nonstruktural, dan bertanggung jawab kepada Menteri Kesehatan. KARS tersebut dibentuk pertama kali pada 1995 dan setiap tiga tahun peraturan itu diperbarui.Dalam perkembangannya, standar akreditasi berubah menjadi berfokus kepada pasien, dengan mengacu kepada standar dari Joint Commission International (JCI) ditambah dengan standar dari program Millenium Development Goals (MDGs).
 
Tujuan dilakukan akreditasi ialah agar rumah sakit dapat meningkatkan mutu pelayanan, melalui implementasi standar akreditasi yang berorientasi kepada pasien, lalu agar rumah sakit dapat mengetahui dan menerapkan standar akreditasi serta meningkatkan pemahaman para praktisi rumah sakit terhadap standar akreditasi pelayanan yang berfokus kepada pasien.(BS09)
T#g:AkreditasiBPJSKARSRSUD PandanRumah Sakit
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Bupati Dairi Minta RSUD Sidikalang Lakukan Pembenahan Manajemen, SOP Hingga SDM

    Beritasumut.com-Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menggelar pertemuan dengan Plt Direktur RSUD Sidikalang Charles Bancin, Kadis Kominfo Dairi

  • satu bulan lalu

    Resmikan Stroke Center, Wagub Sumut Harapkan Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan

    Beritasumut.com-Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meresmikan  Stroke Center yang berada di Lantai 10, Rumah Sakit U

  • 2 bulan lalu

    PP Nomor 82 Tahun 2019: Hak Menuntut Manfaat JKK Jadi 5 Tahun, Jaminan Kematian Jadi Rp 20 Juta

    Beritasumut.com-Dengan pertimbangan untuk meningkatkan pelayanan serta kesejahteraan peserta jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya peningkatan m

  • 2 bulan lalu

    Tinjau RSUD Dr Pirngadi Medan, Plt Wali Kota Medan Minta Pelayanan Kesehatan Ditingkatkan

    Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau fasilitas kesehatan kelas tiga di RSUD Dr Pirngadi Medan,

  • 2 bulan lalu

    Inilah 6 Hal Penting Menurut Rektor Kenapa Unimed Harus Mempertahankan Akreditasi A

    Beritasumut.com-Pada tahun 2021 mendatang, Universitas Negeri Medan (Unimed) akan kembali direakreditasi oleh BAN-PT, berbagai persiapan mulai

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.