Kesehatan

Puskesmas Dinilai Sudah Siap Lakukan Akreditasi


Puskesmas Dinilai Sudah Siap Lakukan Akreditasi
BERITASUMUT.COM/IST
Akreditasi Puskesmas.
Beritasumut.com-Sebanyak 40 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Sumut telah siap untuk melakukan akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).Road map penilaian yang diberikan untuk perolehan akreditasi itu, sejauh ini sudah dijalankan oleh masing-masing Puskesmas yang ada.
 
"Kalau dibilang kesiapan, sebetulnya Puskesmas sudah menjalankannya. Mudah-mudahan, akreditasi itu bisa diwujudkan pada akhir tahun nanti," ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut) dr Retno Sari Dewi, Jumat (07/10/2016).
 
Retno menerangkan, road map penilaian dalam akreditasi itu, berupa fungsi pelayanan, upaya kesehatan, baik perorangan ataupun masyarakat, administrasi serta manajemennya. Penilaian akreditasi itu sambung dia, dilakukan oleh tim independen dengan jenjang yang berbeda."Hasil penilaian nantinya akan disesuaikan dengan jenjang akreditasi. Apakah dasar, madya, pratama atau lainnya," jelasnya.
 
Selain itu, lanjut Rento, klinik yang juga merupakan salah satu layanan kesehatan FKTP juga akan turut diakreditasi. Namun, serupa dengan dokter mandiri, road map penilaiannya sejauh ini belum dikeluarkan oleh pemerintah pusat."Sekarang kita lebih fokus pada akreditasi Puskesmas dulu. Kalau klinik masih belum, mungkin kedepannya. Kan kita tidak mungkin sampai mendahului Kemenkes (Kementerian Kesehatan)," terangnya.
 
Retno berharap pada tahun 2019 nanti, seluruh Puskesmas di Provinsi Sumut sudah bisa terakreditasi. Tahapannya yakni, 40 Puskesmas di tahun 2016, 125 di tahun 2017, 119 di tahun 2018 dan Puskesmas sisanya pada tahun 2019 mendatang. "Pendampingannya di kabupaten/kota, dilakukan oleh Dinas Kesehatan Sumut beserta pemerintahan pusat," pungkasnya. (BS03)
 

Tag:Akreditasi PuskesmasAkreditasi Rumah SakitDinkes Kota MedanPuskesmas