Kesehatan

Plt Wali Kota Medan Tinjau SOP UPT Puskesmas Amplas Jalan Garu II


Plt Wali Kota Medan Tinjau SOP UPT Puskesmas Amplas Jalan Garu II
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Amplas, Jalan Garu II, Kecamatan Medan Amplas, Kamis (14/05/2020).

Dalam kunjunganya tersebut, Plt Wali Kota Medan, yang hadir didampingi Kepala Dinas PP&KB Kota Medan Drg Usma Polita MKes, Kabag Humas Arrahman Pane SSTP MAP, Camat Medan Amplas Drs Edi Mulia Matondang dan Kepala UPT Puskesmas Amplas Henny Safitri.

Kedatangan pejabat Pemko Medan tersebut untuk mengecek langsung fasilitas kesehatan yang ada. Sebelum memasuki Puskesmas, Plt Wali Kota Medan terlebih dahulu mencuci tangan menggunakan air dan sabun yang telah tersedia, selanjutnya di cek suhu tubuhnya oleh petugas medis yang berjaga.

Setelah itu, Plt Wali kota Medan langsung menanyakan kepada petugas bagaimana standar operasional prosedur (SOP) yang diterapkan di Puskesmas ini. Petugas medis yang berjaga dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap pun menjawab bahwa setiap pasien yang ingin berobat harus terlebih dahulu mencuci tangan menggunakan sabun di wastafel yang sudah disediakan. Selanjutnya di cek suhu tubuh dan semua pasien juga diwajibkan menggunakan masker.

Mendengar penjelasan dari petugas medis tersebut, Plt Wali Kota Medan mengatakan agar SOP ini terus dipertahankan apalagi saat ini sedang terjadi pandemi virus corona di kota Medan. "Saya ucapkan terima kasih karena telah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat kota Medan. Saya minta standar pelayanan ini harus terus dipertahankan, baik dalam melayani penyakit umum maupun khusus Covid-19," kata Plt Wali Kota Medan dilansir dari Pemkomedan.go.id, Kamis (14/05/2020).

Hal ini, sambung Akhyar, sebab Puskesmas merupakan awal dari mekanisme identifikasi dan pengawasan terhadap Pelaku Perjalanan (PP), Orang Tanpa Gejala (OTG), dan Orang Dalam Pengawasan (ODP), semuanya dilakukan oleh Puskesmas. "Tentunya mereka semua harus mengikuti prosedur penanganan yang baik," sebutnya.

Selanjutnya Plt Wali Kota Medan mengecek satu persatu ruangan guna memastikan apabila ada terjadi warga yang terserang penularan Virus Corona segera mengambil tindakan. Sebab, puskesmas dijadikan sebagai tempat penanganan sementara apabila terdapat warga masyarakat yang mengalami gejala terpapar Covid-19.

“Kami menghimbau semua warga Kota Medan agar disiplin menggunakan masker dan rajin mencuci tangan. Bagi yang tidak berkepentingan tidak usah keluar rumah, di rumah saja. Pemko Medan juga telah melakukan upaya dengan cara karantina di rumah dan karantina di rumah sakit. Mari kita ikuti prosedurnya supaya keluarga kita semua selamat,” himbau Plt Wali Kota Medan.

Sementara itu, Kepala Dinas PP&KB Kota Medan drg Usma Polita Nasution mengatakan kunjungan ini dilakukan untuk melihat apakah pelayanan di Puskesmas sesuai dengan SOP yang semestinya. “Ternyata Puskesmas sudah bagus pelayanannya dengan SOP kesehatan. Tidak ada lagi petugas yang tidak memakai APD. Kunjungan masyarakat ke Puskesmas juga menggunakan masker,” jelasnya. (BS09)


Tag:Akhyar NasutionCOVID 19COVID-19Jalan GaruIIMedan AmplasPuskesmas MedanWalikota Medan