Kesehatan

Perwal Karantina Kesehatan, Pemko Medan Kerahkan Dinkes dan Puskesmas


Perwal Karantina Kesehatan, Pemko Medan Kerahkan Dinkes dan Puskesmas
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pemko Medan menggelar rapat membahas pelaksanaan Perwal No 11 Tahun 2020 tentang Karantina Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penangan Covid-19, Senin (11/05/2020) di Ruang Rapat III, Kantor Wali Kota Medan.

Rapat yang dipimpin Sekda Kota Medan, Ir Wiriya Alrahman MM, diikuti perwakilan dari unsur Forkopimda, Asisten, dan segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam rapat ini Sekda menekankan pembahasan padanpenting pendataan terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Tanpa Gejala (OTG), Pasien Dalam Pengawasan (PDD) Ringan, maupun Pelaku Perjalanan (PP). "Tanpa data yang valid tidak bisa dilakukan analisa untuk melahirkan kebijakan. Karenanya, pendataan ini dapat dilakukan pihak Dinas Kesehatan, melalui petugas puskesmas-puskesmas yang ada di setiap kecamatan," ungkapnya dilansir dari Pemkomedan.go.id, Senin (11/05/2020).

Dalam pelaksanaannya, sambungnya, petugas puskesmas yang dibantu pihak kecamatan maupun kelurahan, harus aktif dalam melakukan pendataan terhadap ODP, OTG, maupun PDP Ringan. "Untuk Pelaku Pelaku Perjalanan atau PP, dapat dilakukan bekerjasama dengan pihak Dinas Perhubungan," ucap Wiriya.

Sekda mengatakan, petugas puskesmas juga harus melakukam tracking secara jeli dan detil, sehingga ranting bahkan daun penularan dapat ditemukan. "Dengan demikian, tujuan memisahkan orang yang terinfeksi dengan yang sehat melalui karantina rumah maupun rumah sakit dapat berjalan dengan baik," pungkasnya. (BS09)


Tag:COVID 19COVID-19Dinas KesehatanKarantina KesehatanPemko MedanPuskesmasSekda KotaMedanWiriya Alrahman