Kesehatan

Pertama di Sumut, RSUP Haji Adam Medan Malik Miliki Poliklinik Khusus Gagal Jantung


Pertama di Sumut, RSUP Haji Adam Medan Malik Miliki Poliklinik Khusus Gagal Jantung
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Berada di Instalasi Pusat Jantung Terpadu (PJT), Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Medan, akhirnya memiliki Polikilinik yang dikhususkan bagi pasien gagal jantung. Polikilinik khusus gagal jantung ini merupakan yang pertama di Sumut dan sekaligus yang ke-27 di Indonesia. 
 
Direktur Utama RSUP Haji Adam Malik dr Bambang Prabowo MKes mengatakan, layanan ini diinisiasi oleh Instalasi dan SMF rumah sakit, yang kemudian difasilitasi oleh manajemen. Rumah sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ini, sekitar 80% dari seluruh pasien jantung yang dirawat merupakan pasien gagal jantung. Gagal jantung terang dia, merupakan stage akhir dari semua penyakit jantung, yang mana gagal jantung tidak bisa disembuhkan.
 
"Namun ini bukan akhir dari segalanya, karena penyakit ini bisa dikendalikan. Hal inilah yang menjadi target hadirnya pelayanan baru ini. Pasien gagal jantung tidak lagi berulang kali dirawat, sehingga angka hospitalisasi (akan) semakin berkurang dan pasien bisa memperpanjang usia hidup," ujar Bambang didampingi Direktur Umum dan Operasional, dr Mardianto SpPD KEMD, Direktur SDM dan Pendidikan dan Dr dr Fajrinur Syarani MKed (Paru) SpP(K) di sela-sela peresmian Poliklinik gagal jantung ini, Senin (20/01/2020).
 
Labih jauh Bambang menjelaskan, pada bidang layanannya, polikilinik ini nantinya tidak hanya memiliki layanan kardiolog saja. Akan bakal dilakukan secara komprehensif, karena juga terdapat ahli gizi, maupun ahli kejiwaan seperti psikolog ataupun psikiater. "Jadi yang sudah didiagnosa, manfaatkanlah semaksimal mungkin fasilitas yang kami sediakan ini. Andaikata pelayanan sedikit lama, kami minta mohon bersabar, karena jumlah pasien jantung  kami cukup banyak," terang Bambang. 
 
Direktur Medik dan Keperawatan, dr Zainal Safri SpPD (K) SpJP (K) menambahkan, bahwa pihak rumah sakit akan terus berusaha memberikan pelayanan yang paripurna, sehingga setiap pasien bisa merasa nyaman ketika berobat."Hadirnya poli ini adalah sebuah terobosan sebagai rumah dakit tipe A," ujarnya didampingi Ketua SMF Kardiologi, Prof Dr Harris Hasan SpPD SpJP(K) dan Kepala Instalasi PJT, dr Nizam Zikri Akbar SpJP (K).
 
dr Zainal menambahkan, Polikilinik khusus gagal jantung ini nantinya akan beroperasi setiap hari Selasa dan Kamis. Selain itu, setiap pasien yang dirawat akan banyak diberikan edukasi, agar pasien dapat merawat dirinya sendiri dengan tepat."Sehingga pasien bisa hidup aktif dengan perawatan yang komprehensif dan terhindar dari perburukan kondisi jantung tersebut," pungkasnya.(BS09)
 

Tag:Gagal JantungJantungRSUP Haji Adam Malik