Rabu, 11 Desember 2019
  • Home
  • Kesehatan
  • Permintaan Tinggi, Obat Kuat Ilegal Marak di Pasaran

Permintaan Tinggi, Obat Kuat Ilegal Marak di Pasaran

Jumat, 26 Mei 2017 20:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Tingginya permintaan masyarakat akan obat kuat, membuat peredaran obat ini di pasaran cukup tinggi.Bahkan dalam hampir setiap tangkapannya, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan selalu saja menemukan beragam obat kuat ilegal.
 
Pengamat Sosial Pembangunan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Mujahiddin mengatakan, maraknya penjualan obat kuat tanpa izin edar tersebut dikarenakan tingginya permintaan yang ada di masyarakat. Selain itu ujar dia, juga disebabkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang obat kuat masih sangat rendah.
 
"Selanjutnya disebabkan penjualan obat kuat legal (resmi) jarang ditemukan di pasaran. Ketiga hal ini saling terkait, dalam maraknya peredaran obat kuat ilegal," ungkapnya kepada wartawan, Jumat (26/05/2017).
 
Karena itu, menurut Mujahiddin perlu dilakukan pengawasan yang aktif oleh BBPOM. Bila hal itu tidak dilakukan, ditakutkan nantinya masyarakat malah akan terus beranggapan jika obat yang mereka konsumsi legal, dan tidak memberikan dampak negatif.
 
Selanjutnya, jelas dia, BBPOM juga harus bekerjasama dengan BKKBN dalam mengedukasi masyarakat tentang obat kuat ilegal dan manfaatnya. Dengannya, maka kesadaran akan tercipta dan membuat masyarakat cerdas dalam mengkonsumsi obat kuat."Disarankan, agar pelaku usaha obat kuat legal juga harus lebih banyak memasarkan produknya guna memberikan rasa aman bagi konsumen. Karena sulitnya mencari obat kuat legal, akan membuat masyarakat mencari jalan pintas," pungkasnya.(BS03)
 
T#g:BBPOMObatobat ilegalObat Kuat
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Satgas Pamrahwan Maluku Yonif RK 136/TS Gelar Pengobatan Gratis

    Beritasumut.com-Satuan Tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Ops Pamrahwan) Maluku Batalyon Infanteri Raider Khusus (Yonif RK) 136/Tuah Sak

  • 4 minggu lalu

    Perbaiki Regulasi dan Iklim Investasi, Pemerintah Akan Dorong Harga Obat Bisa Lebih Terjangkau

    Beritasumut.com-Pemerintah akan memperbaiki regulasi dan iklim investasi industri farmasi sehingga harga obat-obatan bisa dirasakan murah oleh masy

  • 2 bulan lalu

    Ranitidin Tablet Tercemar NDMA, BPOM Pastikan Tarik Produk dari Pasar

    Beritasumut.com-Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) memastikan turut melakukan penarikan terhadap produk tablet ranitidi

  • 2 bulan lalu

    Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Posyandu dan Pengobatan Gratis di Perbatasan RI-PNG

    Beritasumut.com-Sebagai wujud kepedulian kepada pertumbuhan dan gizi balita serta ibu hamil, prajurit Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR)

  • 2 bulan lalu

    BPOM Tarik Peredaran Obat Lambung Merk Ranitidin

    Beritasumut.com-Izin edar Obat maag dengan merk Ranitidin ditarik oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI. Instruksi untuk melakukan penar

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.