Kesehatan

Pemkab Labuhanbatu Gelar Pertemuan Stakeholder Komisi Penanggulangan HIV/AIDS


Pemkab Labuhanbatu Gelar Pertemuan Stakeholder Komisi Penanggulangan HIV/AIDS
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat menggelar pertemuan stakeholder komisi penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Labuhanbatu di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu.
 
Pertemuan stakeholder Komisi Penanggulangan HIV/AIDS menghadirkan dua narasumber dari RSUD Rantauprapat Dr Susi Rossaliana Ginting SpKK yang berbicara seputar HIV/AIDS dan Dr Hariati dengan paparannya tentang Epidimi dan program Penanggulangan HIV/AIDS.
 
Dalam kesempatan itu, Bupati Labuhanbatu diwakili Asisten Administrasi Pemerintahan dan Sosial Setdakab Nasrullah SH MAP mengatakan bahwa dalam penanganan penyakit HIV/AIDS di Labuhanbatu ada tim penanggulangannya, dan seharusnya, kata Nasrullah di lapangan bisa berkurang penularannya. 
 
Sementara itu, Dr Susi Rossaliana menjelaskan cara penularan HIV/AIDS yaitu melalui cairan darah yang sudah terinfeksi, pemakaian jarum suntik yang sudah terkontaminasi HIV, hubungan seks dengan penderita HIV, dan lewat air susu ibu penderita HIV
 
Lebih lanjut dirinya mengungkapkan bahwa HIV tidak ditularkan melalui berpelukan atau berjabat tangan (keringat), pemakaian WC, berenang dikolam renang, gigitan nyamuk atau serangga, membuang ingus, batuk atau meludah dan pemakaian piring, alat makan/minum atau makan bersama-sama.
 
Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari tersebut turut dihadiri Kasat Binmas Polres Labuhanbatu AKP. Edi Hutauruk, para utusan Organisasi Perangkat Daerah, Kabag Kesra dan Kabag Sosial Setdakab Labuhanbatu serta OKP dan undangan lainnya.(BS09)
 

Tag:AIDSHIVHIV/AIDSHIV-AIDSHIV AidsLabuhanbatu