Kesehatan

Peduli Kesehatan Remaja, Dinkes Sibolga Kader Remaja Mandiri dan Berdaya

Try Try
Peduli Kesehatan Remaja, Dinkes Sibolga Kader Remaja Mandiri dan Berdaya
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com–Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Kesehatan menggelar Orientasi Promosi Kesehatan dan Gizi serta Teknik Pemberian Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) bagi Calon Kader Kesehatan Remaja Mandiri dan Berdaya (KARAMBA) di Aula Dinas Kesehatan, pertengahan pekan ini.
 
Dalam sambutan Kepala Dinas Kesehatan, yang dibacakan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas) dr Ivonna Hasfika, Pemko Sibolga mengucapkan selamat kepada peserta yang telah dipilih oleh Pemerintah Kelurahan, Kecamatan dan Puskesmas untuk menjadi kader kesehatan remaja.
 
“Pemerintah Daerah menghimbau dan mengajak kalian berpikir secara positif, maju, jangan terlena dengan rayuan segelintir orang yang ingin merusak kita. Kita sendiri yang menentukan masa depan kita berhasil atau tidak. Paling penting ada kemauan dan rajin, serta pandai membawa diri,” ucap Kabid Kesmas, dilansir dari Sibolgakota.go.id, Minggu (22/02/2020).
 
Disebutkannya, Pembentukan Posyandu Remaja ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk memfasilitasi remaja dalam memahami permasalahan kesehatan remaja, menemukan alternatif pemecahan masalah, membentuk kelompok dukungan remaja, memperluas jangkauan Puskesmas Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), terutama bagi remaja yang memiliki keterbatasan akses terhadap fasilitas pelayanan kesehatan.
 
Sementara itu, Pengelola Program Gizi, Bibi Ahmad Chahyanto SGz selaku Ketua Panitia, dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman kader kesehatan remaja terkait promosi kesehatan dan gizi, teknik pemberian KIE serta meningkatkan pemahaman peserta dalam manajemen pelaksanaan Posyandu Remaja.
 
"Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 19-21 Februari 2020, diikuti oleh 40 orang kader KARAMBA yang berasal dari 8 Posyandu Remaja se-kota Sibolga. Selama orientasi, peserta mengikuti berbagai kegiatan, diantaranya pemberian materi, games edukatif serta simulasi pelaksanaan Posyandu Remaja," sebutnya. (BS09)