Kesehatan

Pasien Terdeteksi ODHA di Medan Tinggi, Yayasan Medan Plus Berharap Puskesmas Sediakan Obat ARV


Pasien Terdeteksi ODHA di Medan Tinggi, Yayasan Medan Plus Berharap Puskesmas Sediakan Obat ARV
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan mencatat, pihaknya telah melakukan penanganan sebanyak 52 pasien terdeteksi sebagai Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) dalam waktu kurun 3 bulan terakhir.
 
Menyikapi hal tersebut, Pembina Yayasan Medan Plus, Eban Totonta Kaban menjelaskan, tingginya temuan kasus HIV/AIDS karena kesadaran pasien yang memeriksakan dirinya ke Klinik VCT juga sudah tinggi."Artinya, program pencegahan HIV/AIDS itu tinggi. Karena kasus itu sudah ditemukan. Jadi pasien telah sadar untuk memeriksakan dirinya ke Klinik VCT," jelasnya kepada wartawan, Selasa (08/08/2017).
 
Menurut Eban, antisipasi perlu untuk pasien yang positif HIV agar mendapat penanganan segera sehingga bisa hidup normal seperti tidak terjangkit virus tersebut. Artinya, ODHA dapat meminum obat Antiretroviral (ARV)."Kita juga berharap ODHA dapat meminum ARV secara teratur serta mau menjaga kesehatan dirinya dan tidak menularkan HIV dengan sengaja atau tidak disengaja," jelasnya.
 
Untuk itu ia mengharapkan, obat ARV juga tersedia di semua Puskesmas. Tujuannya agar ODHA mudah mendapatkan obat tersebut, apalagi idealnya semua puskesmas seharusnya bisa memberikan ARV. "Namun, kenyataannya baru beberapa puskesmas yang menyediakan ARV. Ini harus menjadi tanggung jawab pemerintah. Kesadaran masyarakat juga harus ditingkatkan untuk deteksi dini HIV/AIDS sehingga ODHA cepat mendapat penanganan," pungkasnya.(BS07) 
 

Tag:AIDSARVHIVHIV/AIDSHIV-AIDSHIV AidsODHAPuskesmasYayasan Medan Plus