Kesehatan

PMI Kejar Kebutuhan Stok Darah Jelang Puasa


PMI Kejar Kebutuhan Stok Darah Jelang Puasa
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Guna mengejar kebutuhan darah untuk masyarakat jelas datangnya bulan suci Ramadhan, Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan mengaku bakal gencar melakukan kegiatan sosialisasi dan donor darah sukarela baik diinstansi pemerintah, swasta maupun di UTD PMI Medan sendiri.
 
"Sudah dilakukan sejak awal Mei sampai H+7 lebaran. Kami melakukan ini untuk menjaga stok setelah lebaran nantinya. Sebab, pada saat masyarakat mudik aksi kegiatan donor darah ataupun orang yang mendonor sudah pasti menurun," ungkap Kepala Seksi Pelayanan Teknis UTD PMI Kota Medan, dr Maulana Baihaki kepada wartawan, Kamis (18/05/2017). 
 
Untuk itu, Maulana mengaku, dalam minggu ini pihaknya menargetkan stok darah dapat terkumpul sebanyak 2.000 kantong. Namun, ia berharap, hingga akhir bulan Mei nanti, stok darah bisa mencapai sekitar 6.000 sampai 7000-an kantong darah."Bagi masyarakat yang menjalani puasa juga bisa mendonorkan darahnya, tentunya setelah berbuka puasa. Pada saat mau mendonor, kita akan memeriksa kesehatan si pendonor lebih dahulu," jelasnya.
 
Maulana menambahkan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat, instansi baik pemerintah dan swasta, rumah ibadah, komunitas, yang rutin melakukan aksi kegiatan donor darah. Sebab dengan dilakukanya donor darah, akan sangat menjaga stok darah di Medan."Tak hanya manfaat secara fisik, donor darah juga akan memberikan kepuasan secara psikologis. Karena muncul rasa senang jika darah yang disumbangkan dapat menyelamatkan hidup seseorang," pungkasnya.(BS03)
 

Tag:DarahDonor DarahPMIpuasaRamadhan