Kesehatan

Lawan Corona, Kapolsek Medan Baru Ajak Masyarakat Tingkatkan Pola Hidup Sehat


Lawan Corona, Kapolsek Medan Baru Ajak Masyarakat Tingkatkan Pola Hidup Sehat
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Bersama lawan pendemo penyebaran virus corona (Covid-19), Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah Tobing SIK SH MH mengajak masyarakat tingkatkan pola hidup sehat dan selalu berada di dalam rumah.

"Kita sudah sepakat dengan 3 pilar yang ada di wilayah hukum Polsek Medan baru mengajak masyarakat untuk tingkatkan pola hidup sehat serta mencuci tangan pakai sabun, " ucap Kapolsek Medan Baru Kompol Martusah Tobing kepada wartawan, Kamis (02/04/2020).

Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah Tobing menjelaskan, mengingat kurangnya tingkat kesadaran masyarakat dan mengabaikan kebijakan Pemerintah yang telah dikeluarkan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covidâ€"19).

"Seperti Maklumat yang telah dikeluarkan oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor : Mak/2/111/2020 tentang Kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona ( Covid-19)," tambah Kompol Martuasah Tobing.

Dalam maklumat Kapolri tersebut, kata Kapolsek, secara poin utamanya agar masyarakat tidak melaksanakan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak hingga menunggu pengumuman Pemerintah Pusat hingga situasi sudah aman dari Covid-19.

"Kami dari pihak kepolisian akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang â€" undangan yang berlaku bagi masyarakat yang bertentangan dengan maklumat tersebut," tegas Kapolsek.

Untuk itu, Kapolsek Medan Baru berharap kepada masyarakat memiliki satu visi dan tujuan untuk berkerja sama dalam mencegah penyebaran virus corona. "Mari bersama-sama kita mencegah penyebaran virus corona/convid-19," pesan Kapolsek.

Adapun isi dari keputusan itu yakni, 1) Agar masyarakat tidak melaksanakan kegiatan yang sifatnya seperti pesta adat, resepsi pernikahan, khitanan, penabalan nama, dll, ditiadakan sementara waktu menunggu pengumuman Pemerintah bahwa keadaan sudah aman dari virus corona.

2). Pesta duka cita (kemalangan) langsung dilaksanakan acara liturgi/dikebumikan serta acara adat dibuat setelah pengumuman Pemerintah bahwa keadaan sudah aman dari virus corona/convid-19.

3). Pengusaha kedai kopi, kelontong dihimbau menyediakan hand sanitinizer / sabun cuci tangan.

4). Bila ada masyarakat di masing masing Kelurahannya yang datang dari daerah Susfect Corona harus melapor dan Karantina Mandiri di rumah selama 14 hari / dipantau bidan di Kelurahan / Pukesmas setempat.

5). Hindari kontak fisik antara sesama seperti bersalaman, cium pipi serta jaga jarak minimal 1 meter.

6). Kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa agar ditiadakan.

7). Lakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

8). Keputusan ini bisa berubah bila situasi aman dari Pemerintah Pusat dan di perpanjang bila situasi belum aman hingga batas waktu ditentukan.

9). Keputusan ini dilaksanakan pada saat surat ditertibkan.

(BS06)



Tag:Polsek Medan BaruCorona