Kesehatan

Kasus HIV/AIDS Kaum Perempuan di Sumut Meningkat, Penular Utamanya Ternyata...


Kasus HIV/AIDS Kaum Perempuan di Sumut Meningkat, Penular Utamanya Ternyata...
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Belakangan ini, kasus HIV/AIDS pada kaum perempuan cenderung mengalami peningkatan. Ternyata, penular utama bagi kaum hawa tersebut terjadi akibat dampak dari suami mereka sendiri.
 
"Umumnya terjadi peningkatan kasus HIV/AIDS untuk perempuan. Tapi kasusnya selama ini mereka hanya sebagai terdampak (korban), bukan akibat dari perilaku langsung mereka sendiri," ujar Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sumatera Utara (Sumut), Ramadhan kepada wartawan, Jumat (09/03/2018).
 
Ramadhan menjelaskan, bahwa suami merekalah yang membawa virus tersebut.Terutama bagi suami yang pernah 'jajan' di luar rumah, sehingga tanpa sengaja membawa penyakit HIV/AIDS kerumah tangganya."Malah kalau PSK sebenarnya kecil kasusnya. Kasus yang besar karena terbawa perilaku suami. Itu pola yang ada selama ini," ungkap Ramadhan.
 
Tak hanya sang istri, penyakit ini kemudian menular kepada anak yang dikandung sang istri.Hal itu terjadi secara otomatis, apabila ibunya telah positif tertular HIV/AIDS.
 
Lebih jauh Ramadhan mengatakan, jika para suami umumnya tidak pernah mau untuk memeriksakan dirinya ke pelayanan kesehatan guna mencari tahu apakah dirinya telah mengidap HIV/AIDS atau tidak. Selain itu, meskipun ada yang sudah mengetahui jika dirinya tertular, suami juga merasa gengsi untuk memberitahukan kondisinya kepada istrinya."Akhirnya si istri yang terinfeksi. Mereka pun menjadi korban dari perilaku suami sendiri," pungkasnya.(BS09)

Tag:AIDSHIVHIV/AIDSHIV-AIDSHIV AidsKPAPerempuanMedan Plus