Kesehatan

Kanker Serviks, Pembunuh Berdarah Dingin


Kanker Serviks, Pembunuh Berdarah Dingin
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Utama Kota Medan bersama Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut) dan Medan menggelar kegiatan pemeriksaan IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat)/Papsmear di Puskesmas Belawan, Jumat (21/04/2017).
 
Dalam kesempatan ini, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Medan, drg Irma Suryani menyebutkan bahwa kanker serviks tidak langsung nampak, tapi diam dan menjadi pembunuh berdarah dingin.
 
Menurutnya, umumnya masyarakat baru mengetahui kanker serviks ketika sudah stadium lanjut. Karenanya, melalui kegiatan ini ia berharap dapat membuka hati dan kewaspadaan masyarakat terhadap penyakit tersebut.
 
"Kegiatan ini, dilaksanakan di Puskesmas dengan minimal mendeteksi dini kanker leher rahim pada 30 orang ibu-ibu dan ini sudah dilakukan tiap tahun, tinggal bagaimana masyarakat, karena pemeriksaan tidak sulit dan rumit tetapi mudah dan murah," ujar Irma.
 
Sedangkan Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Sumut, NG Hikmet menyampaikan cakupan IVA oleh BPJS Medan berjumlah 2 persen. Tetapi untuk Provinsi Sumut sebesar 7,2 persen dari target di tahun 2017 yaitu 30 persen. "jadi perlu dukungan masyarakat," pungkasnya. (BS03)
 

Tag:BPJSDinkesKankerKanker Serviks