Jumat, 15 November 2019
  • Home
  • Kesehatan
  • Kampanyekan Peduli Kanker, RS Murni Teguh dan Pemko Medan Turun ke Jalan

Kampanyekan Peduli Kanker, RS Murni Teguh dan Pemko Medan Turun ke Jalan

Minggu, 05 Februari 2017 20:51:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS07
Beritasumut.com-Dalam rangka memperingati hari kanker sedunia, Rumah Sakit (RS) Murni Teguh bersama Pemerintahan Kota (Pemko) Medan melakukan aksi kampanye peduli kanker. Aksi kepedulian ini dilakukan dengan membagikan brosur kanker dan pencegahannya kepada sejumlah pengendara bermotor tepatnya di kawasan Jalan Balai Kota, Medan (Merdeka Walk), Sabtu (04/02/2017) pagi.
 
Sebelumnya, kampanye yang di ikuti oleh Walikota Medan Dzulmi Eldin, Kadispora Medan Marah Husin, Kadinkes Medan Usma Polita dan Direktur RS Murni Teguh Dr. Mutiara, MHA, MKT beserta jajarannya, terlebih dahulu melakukan aksi long march. Rombongan tersebut bergerak dengan berjalan kaki yang dimulai dari halaman RS Murni Teguh, lalu mengitari kawasan Lapangan Merdeka.
Walikota Medan Dzulmi Eldin mengatakan, kampanye ini setiap tahunnya selalu dilaksanakan bersama stakeholder. 
 
Hal ini, sebutnya, dilakukan guna memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah penyakit kanker.
 
"Kita banyak yang menderita kanker di Indonesia, baik karena lari dari kedisiplinan, konsumsi makanan yang memberikan dampak terhadap penyakit itu. Karenanya kita beri pemahaman, kalau penyakit itu bisa di cegah dengan deteksi dini. Karena jika sudah menderita, maka penyembuhannya lama dan memerlukan biaya yang besar," ungkapnya.
 
Sementara itu, Direktur RS Murni Teguh Dr Mutiara MHA MKT, mengatakan, kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Saat ini, kanker payudara menduduki peringkat tertinggi diderita wanita, dan kanker paru terbanyak menyerang pria. Sedangkan kanker serviks menduduki peringkat terbesar kedua setelah payudara.
 
"Dalam sebulan, kami melayani kurang lebih 150 pasien kanker payudara dengan kondisi stadium awal dan akhir. Namun, lebih banyak stadium akhir. Hal itu disebabkan kurangnya kesadaran mengecek kesehatan sejak dini," ucapnya.
 
Karenanya ia menganjurkan agar masyarakat dapat secara rutin melakukan cek kesehatan, mengenyahkan asap rokok, rajin aktifitas fisik, memperoleh gizi seimbang, kelola stres dan istirahat cukup.
 
"Kita bisa terhindar dengan melakukan itu. Jika kita bisa menemukan kanker sejak dini, maka kita bisa sembuhkan kanker. Kita bisa tangani kanker karena kita peduli sejak awal," imbuhnya.
 
Di RS Murni Teguh, lanjut Mutiara, pada Hari Kanker Sedunia ini pihaknya melakukan cek feses untuk usia 40 tahun untuk deteksi dini kanker kolon secara gratis dan memberikan diskon 50 persen untuk layanan endoskopy dan mamography sepanjang Februari serta seminar.
 
"Tema Hari Kanker Sedunia tahun ini 'Kita Bisa, Aku Bisa', berusaha menjangkau masyarakat secara kolektif maupun individual untuk menjalankan peranannnya masing-masing dalam rangka mengurangi beban akibat kanker," terangnya.
 
Kadinkes Medan Usma Polita mengatakan, situasi penyakit kanker di Medan trennya tidak meningkat, tetapi perlu kita sikapi dengan deteksi dini. "Kita dengan pihak swasta termasuk RS Murni Teguh sudah melakukan peningkatan kapasitas SDM-nya yang berhubungan dengan penyakit kanker. Pencegahan bisa kita lakukan dengan mendatangi pusat layanan primer," ungkapnya.
 
Di Medan, lanjutnya, Walikota Medan Dzulmi Eldin menganggarkan Rp73 milliar untuk kepesertaan penerima bantuan iuran BPJS Kesehatan. "Artinya, masyarakat tidak mampu bisa menggunakan BPJS Kesehatan untuk lakukan deteksi dini di layanan primer, jika harus mendapat perawatan bisa dirujuk ke RS," ujarnya.(BS07)
T#g:Hari Kanker Sedudiakampanye kankerKanker
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Metode Baru Deteksi Dini Kanker Payudara

    Beritasumut.com-Tingginya angka kejadian dan kematian akibat kanker payudara di dunia menginspirasi Luthfi Utami Setyawati, Risda Rahmi Islamiaty,

  • 6 bulan lalu

    Personel Bakamla Simak Sosialisasi Kanker dari YPKI

    Beritasumut.com-Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan akan penyakit kanker dan tumor, personel Bakamla dengan antusias menyimak penyuluhan terkait

  • 7 bulan lalu

    Batan Produksi Obat Pereda Sakit pada Penderita Kanker

    Beritasumut.com-Para pengidap penyakit kanker kini dapat bernafas lega, karena rasa sakit yang selama ini dirasakan dapat dikurangi dengan Samarium

  • 9 bulan lalu

    Smilingkids Foundation Sosialisasikan Deteksi Kanker Anak Sejak Dini, No More Pain, No More Loss

    Beritasumut.com-Memperingati Hari Kanker Anak Internasional yang jatuh pada 15 Februari, Smilingkids Foundation menggelar rangkaian kegiatan kampan

  • 9 bulan lalu

    Hari Kanker Sedunia 2019, Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim Terbanyak di Indonesia

    Beritasumut.com-Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari. Tahun ini tema yang diangkat adalah 'Saya adalah dan saya akan'

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.