Kesehatan

Kaji Soal DTKS, Sekda Rapat Virtual dengan Kepala BPJS Kesehatan Kota Medan


Kaji Soal DTKS, Sekda Rapat Virtual dengan Kepala BPJS Kesehatan Kota Medan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Sekda Kota Medan, Ir Wiriya Alrahman MM mengadakan pertemuan secara daring dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, Sari Quratul Ainy. Melalui sambungan video conference, pada Rabu (06/05/2020), pertemuan yang rutin diadakan ini membahas berbagai perkembangan terkait dengan keikutsertaan masyarakat Kota Medan dalam BPJS Kesehatan.

Didampingi Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Hannalore Simanjuntak, Kepala Bappeda Kota Medan Irwan Ritonga dan Kepala BPKAD Tengku Ahmad Sofyan, Sekda menjelaskan bahwa pertemuan ini merupakan agenda rutin forum komunikasi para pemangku kepentingan utama Pemko Medan.

Dalam pertemuan tersebut, terdapat sejumlah hal yang dibahas. Salah satunya ialah mengenai masyarakat kota Medan yang selama ini iuran BPJS Kesehatanya dibiayai oleh APBN ternyata datanya tidak termasuk kedalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Ada sekitar 140 ribu masyarakat kota Medan yang selama ini dibiaya oleh anggaran pusat ternyata tidak termasuk kedalam data DTKS. Kemungkinan mereka akan dikeluarkan, jadi Pemerintah tidak lagi membayarkannya melalui APBN," kata Sekda dilansir dari Pemkomedan.go.id, Kamis (07/05/2020).

Di samping itu, Sekda menjelaskan lagi bahwa ada sekitar 120 ribu lebih masyarakat kota Medan yang selama ini kepesertaannya ikut dalam Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibiayai oleh APBD Kota Medan. "Ternyata malah masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sehingga masyarakat yang tadinya dibiaya oleh APBD Kota Medan maka selanjutnya akan dibiayai oleh APBN. Jadi yang 120 ribu lebih ini akan dipindahkan ke DTKS," tegasnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan cabang Medan menjelaskan hingga saat ini masyarakat kota Medan yang sudah terdaftar dalam BPJS Kesehatan mencapai 2.006.909 jiwa. "Selama berjalannya program BPJS ini, maka telah mengurangi perbedaan alkes yang diterima oleh masyarakat pada saat berobat," pungkas Sari Quratul Ainy. (BS09)


Tag:BPJS KesehatanPemko MedanSekda MedanWiriya Alrahman