Kesehatan

Ikan Sarden IO, Farmer Jack, dan HOKI Positif Mengandung Cacing


Ikan Sarden IO, Farmer Jack, dan HOKI Positif Mengandung Cacing
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Medan, Yulius Sacramento Tarigan mengaku, bahwa pihaknya tengah melakukan penelusuran terhadap kemungkinan peredaran ikan sarden (makarel) kaleng mengandung cacing di Sumatera Utara (Sumut).
 
Karenanya, saat ini, dia mengaku jika dirinya telah menyebar petugas ke sejumlah Kabupaten/Kota untuk menemukan keberadaan ikan kaleng bermerk IO, Farmer Jack, dan HOKI tersebut, ke sejumlah daerah. "Teman-teman sekarang sedang mengecek keberadaannya di 5 kabupaten/kota. Yaitu daerah yang dekat dengan sumbernya ke Riau, yakni mulai dari Asahan hingga ke perbatasan, serta juga Karo hingga Dairi," ungkapnya kepada wartawan, Kamis (22/03/2018).
 
Namun begitu, Sacramento mengatakan, meski sampai saat ini belum di temukan adanya 3 merek ikan kaleng mengandung cacing itu beredar di Sumut. Tetapi ia meyakini kemungkinannya tetap ada. Karenanya penelusurannya tetap dilakukan untuk dilakukan penarikan dari peredaran. "Karena belum tentu, apalagi dari Riau. Makanya kita sisir dekat sumbernya kearah perbatasan," sebutnya.
 
Sacramento menjelaskan, berdasarkan pengalaman serupa di Bali, didapatinya cacing dalam ikan kaleng itu karena sejak di laut sudah mengandung cacing. Sebab, di beberapa perairan tertentu, kata dia kemungkinan sudah tercemar, sehingga ikan yang ditangkap nelayan di perairan itu terinfeksi cacing. "Jadi dari awal ikannya sudah mengandung cacing. Sehingga ketika sudah dikumpulkan ke produsen, akibat kurang disortir, ada ikan yang terkontaminasi lolos," terangnya.
 
Untuk itu, sebut Sacramento, hal ini harus menjadi pelajaran bagi para produsen ikan kaleng lainnya. Agar, ketika produk sebelum dipasarkan, dapat dilakukan sortir lebih teliti, supaya hal serupa tidak terjadi lagi. "Untuk saat ini, berdasarkan hasil pengawasan baru 3 merek ikan kaleng itu yang sudah terbukti mengandung cacing. Sedangkan merek lain, masih akan kita sampling dan uji lagi," pungkasnya.
 
Seperti yang diketahui, BBPOM Kota Pekanbaru merilis hasil uji laboratorium mereka bahwa ada tiga produk impor ikan makarel kaleng asal Tiongkok yang terbukti mengandung cacing. Karenanya tiga produk tersebut saat ini harus ditarik agar tidak dikonsumsi oleh masyarakat. (BS09)

Tag:BBPOM MedanMakarel bercacingSarden BercacingSarden Kaleng