Kamis, 14 November 2019

IDI : Dokter Ingin Pisah dari IDI Itu Masalah

Minggu, 15 Oktober 2017 19:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS07
Beritasumut.com-Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Medan dr Wijaya Juwarna SpTHT-KL mengakui, bahwasanya saat ini banyak problem yang sedang menerpa organisasi IDI baik dari sisi internal maupun eksternal.
 
Di sisi internal, sebut Wijaya, saat ini ada sekelompok dokter yang ingin memisahkan diri dari IDI, dengan cara melakukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) dengan harapan bahwa kolegium tidak lagi menjadi bagian dari IDI.
 
"Sebagai dokter kita harus mengingat salah satu bunyi sumpah dokter, yaitu Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya menghormati setiap hidup insani mulai dari saat pembuahan. Maka dari itu, tidak ada satupun alasan bagi para dokter ingin berpisah dari IDI," ungkapnya usai resmi dilantik menjadi Ketua IDI Medan Periode 2017-2020 di Medan, Sabtu (14/10/2017).
 
Wijaya menjelaskan, pembuahan merupakan proses dimana sperma mampu berorganisasi dengan ovum (sel telur). "Saya memahami bahwa Allah SWT memberikan kemampuan untuk kita berorganisasi sejak masih dalam proses pembuahan. Untuk itu, sebagai dokter kita wajib menjaga organisasi IDI ini," tegasnya.
 
Sedangkan, problem lainnya (ekaternal) sebut Wijaya adalah tantangan dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), gugatan dugaan mal praktik, tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan hobi sebagian masyarakat berobat ke negara tetangga. Untuk itu, Wijaya mengajak para dokter untuk bersatu, karena dengan bersatu problem apapun akan terasa ringan. "Saya yakin dan percaya tiap era pasti punya problem, namun jika kita benar-benar bersatu problem apapun terasa ringan," tegasnya.
 
Ketua IDI Periode 2013 - 2016 dr Ramlan Sitompul, SpTHT-KL juga mengatakan, dinamika dalam organisasi profesi untuk menjaga harkat dan martabat. "Karena itu, sering beda pendapat namun untuk kebaikan dan menjalin silaturahmi guna menjaga harkat dan martabat," katanya.
 
Sementara itu, Presiden Elect IDI Dr Daeng M Faqih SH MH meminta IDI Medan tidak meninggali dokter sendiri menghadapi masalah. "Karena itu IDI Medan perkuat Biro Hukum dan Pembinaan/Pembelaan Anggota (BHP2A) sehingga persoalan dokter bisa selesai dengan baik," tambahnya.
 
Hadir dalam pelantikan tersebut, Walikota Medan T Dzulmi Eldin mengucapkan terimakasih atas dukungan dan peran serta IDI yang begitu besar kepada Pemko Medan guna menjadikan masyarakat yang Sehat.
 
Selain itu hadir juga Tokoh Masyarakat Sumut Syamsul Arifin, Kadis Kesehatan Medan Usma Polita, Dirut BPJS Kesehatan Fahmi Idris, Ketua IDI Sumut dr Edy Ardiansyah, SpOG, serts sejumlah dokter dan Direktur RS di Medan.(BS07)
T#g:IDIdokterdokter spesialisIkatan Dokter
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 jam lalu

    Dosen FAH UIN Ar Raniry Dilatih Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI

    Beritasumut.com-Sebanyak 60 dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh dilatih dan dibekali tentang penyusunan kurikulum berbasis K

  • 2 hari lalu

    Kerjasama TNI dan SKK Migas, Perkuat Teritorial di Yuridiksi Nasional

    Beritasumut.com-Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melakukan No

  • 2 hari lalu

    8 Kali Beraksi, Polsek Patumbak Tembak DPO Curanmor Yang Dulunya Mantan Residivis

    Beritasumut.com-Polsek Patumbak akhirnya berhasil meringkus pelaku spesialis Curanmor bernama Sabar Hasudungan (32) warga Jalan Garu X Kelurahan Ha

  • 6 hari lalu

    Gerakan Sehari Belajar Diluar Kelas (OCD) di SMPN 1 Sunggal dan Ponpes Darul Arafah Mulai Diterapkan

    Beritasumut.com-Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dedi Maswardy melakukan peninjauan Gerakan Sehari Belajar Diluar yang dilaksanakan di

  • 7 hari lalu

    SD Negeri di Belawan Komitmen Bimbing Karakter Anak Peduli Sampah dan Kebersihan

    Beritasumut.com-Seluruh jajaran tenaga pendidik di Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Medan Belawan menyatakan siap membentuk karakter anak untuk pedu

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.