Kamis, 26 April 2018
  • Home
  • Kesehatan
  • Hingga Saat Ini, Baru 4 Kabupaten/Kota di Sumut Capai UHC
pilkada beritasumut.com

Hingga Saat Ini, Baru 4 Kabupaten/Kota di Sumut Capai UHC

Selasa, 02 Januari 2018 20:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS07
Beritasumut.com-Hingga saat ini baru terdapat 4 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumut yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2017 lalu. Sementara pada 2019 mendatang, semua provinsi di Indonesia ditargetkan telah melangsungkan program tersebut secara total.
 
Menurut Deputi Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan wilayah Sumatera Utara-Aceh, Budi Mohammad Arief, 4 daerah di Sumut itu yakni Kota Sibolga, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Pakpak Bharat dan Kota Binjai. Sedangkan pada awal Januari 2018 ini, sebutnya lagi, sudah ada 4 Kabupaten/Kota lainnya di Sumut yang berkomitmen mencapai UHC yaitu Kota Medan, Kota Siantar, Kabupaten Simalungun dan Kota Tebing Tinggi.
 
Begitupun menurut Budi, komitmen Pemprov Sumut pada terwujudnya UHC sudah bagus. Sebab meski belum semua daerah mencapai UHC, tetapi secara merata semua kabupaten/kota sudah terintegerasi dengan BPJS Kesehatan.
 
"Kalau karena masalah financial, ini jadi bahan diskusi kami dengan provinsi. Kalau perusahaan yang belum mendaftarkan pekerjanya, akan ada sanksi. Selain itu Gubernur diinstruksikan untuk memberikan sanksi administratif berupa tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu kepada pemberi kerja yang tidak patuh dalam pendaftaran dan pembayaran iuran JKN," katanya kepada wartawan dalam publik expose awal tahun 2018 di kantornya, Selasa (02/12/2018).
 
Apalagi, lanjut Budi, Presiden telah menekankan kepada Gubernur untuk meningkatkan pembinaan dan pengawasan kepada Bupati dan Walikota dalam melaksanakan program JKN, mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan JKN, memastikan Bupati dan Waiikota mengalokasikan anggaran serupa, dan mendaftarkan seluruh penduduknya sebagai peserta JK. Selain itu juga menyediakan sarana dan prasarana, serta SDM kesehatan di wilayahnya, memastikan BUMD mendaftarkan pengurus dan pekerja serta anggota keluarganya dalam program JKN sekaligus pembayaran iurannya.
 
"Terdapat 3 peran penting, di antaranya memperluas cakupan kepesertaan mendorong UHC, meningkatkan kualitas pelayanan, dan peningkatan kepatuhan," jelasnya. 
 
Namun melalui Program "JKA Plus”, Provinsi Aceh pada tahun 2017 telah menjadi 1 dari 3 provinsi di Indonesia yang sudah meraih UHC. Begitupun untuk Provinsi Sumut dengan program “Sumut Sehat” telah melakukan integrasi terhadap Program JKN-KIS."Untuk Kabupaten/Kota yang telah melakukan integrasi terhadap Program JKN-KIS yaitu sebanyak 56 Kabupaten/Kota se-Sumut dan Aceh dengan jumlah peserta hingga 22 Desember 2017 sejumlah 3.233.880 jiwa," terangnya.
 
Sementara Kabupaten/Kota yang sudah UHC pada tahun 2017 adalah 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh ditambah 4 kabupaten/Kota di Provinsi Sumut hingga 22 Desember 2017 sejumlah 2.195.609 jiwa. 
 
"Wilayah Sumut dan Aceh telah bermitra dengan 1.778 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 917 Puskesmas, 194 Dokter Praktik Perorangan, 15 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 651 Klinik Pratama, dan 1 RS D Pratama. Selain itu, BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumut dan Aceh juga telah bekerja sama dengan 384 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 191 Rumah Sakit, 11 Klinik Utama, 107 Apotek, serta 75 Optik," tukasnya.
 
Budi menambahkan, berdasarkan hasil survei dari PT Frontier Consulting Grup, di tahun 2017 angka kepuasan peserta JKN-KIS mencapai 79,596. Sedangkan indeks kepuasan fasilitas kesehatan yang melayani pasien JKN-KIS secara total 75,796.(BS07)
 
T#g:BPJSKesehatanSumutUHC
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 jam lalu

    Sihar Sitorus Kunjungi Panti Asuhan Terimakasih Abadi

    Beritasumut.com-Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus mengunjungi ke Panti Asuhan Terima Kasih Abadi, Jalan Pengayoman Ujung

  • 3 jam lalu

    Jelang Pilkada 2018, Kapolsek Kutalimbaru Beri Arahan ke Warga Sei Mencirim

    Beritasumut.com-Kapolsek Kutalimbaru AKP Martualesi Sitepu didampingi Bhabinkamtibmas Brigadir Melky Tampu Bolon mengumpulkan perangkat Desa Sei Me

  • 3 jam lalu

    Dituding Tak Netral, Ratusan Mahasiswa di Sumut Minta Kapoldasu Dicopot

    Beritasumut.com-Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Sumatera Utara (Sumut) mendatangi gedung DPRD Sumut, Rabu (25/4/2018).Mereka meminta agar

  • 12 jam lalu

    Juara 1 Indonesian Idol, Bang Ijeck Apresiasi Maria Simorangkir

    Beritasumut.com-Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, mengapresiasi kesuksesan Maria Simorangkir memenangi ajang pencarian bakat Ind

  • 13 jam lalu

    Partai Demokrat DPD Sumut Yakin Dukungannya Akan Sangat Berpengaruh

    Beritasumut.com-Partai Demokrat belum juga menentukan sikap, meski jagoannya JR Saragih - Ance Selian sudah kandas karena persoalan ijazah JR Sarag

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.