Kesehatan

Dzulmi Eldin : Aturan Izin Praktek Perawat Sedang Ditelaah


Dzulmi Eldin : Aturan Izin Praktek Perawat Sedang Ditelaah
beritasumut.com/ist
Walikota Medan HT Dzulmi Eldin SSi MSi

Beritasumut.com-Walikota Medan HT Dzulmi Eldin SSi MSi, mengatakan, regulasi terkait Surat Izin Praktek (SIP) perawat sedang ditelaah.

Hal ini dikatakannya menanggapi permintaan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Cabang Kota Medan agar kepengurusan SIP segera didelegasikan Pemko Medan ke Dinas Kesehatan Kota Medan. “Lagi ditelaah peraturannya. Setelah itu baru akan dibuat regulasinya,” tegas Eldin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Usma Polita menjelaskan, penelaahan SIP perawat tersebut perlu dilakukan terhadap praktik mandiri yang diusung oleh para perawat.

“Mereka itu kan hanya asuh keperawatan, jadi mereka tidak bisa semuanya. Jadi jangan salah kaprah, dikhawatirkan perawat jadi mengerjakan pekerjaan dokter,” katanya, Minggu (13/08/2016).

Oleh karenanya, lanjut Usama, perlu dibuat terlebih dahulu Standard Operating Procedure (SOP)-nya. “Kalau SIP-nya tidak masalah, kita keluarkan. Yang mengeluarkan pasti Dinkes Medan, karena selama ini juga kita yang mengeluarkan SIP yang lain,” tuturnya.

Untuk itu, Usma menyebutkan perlunya penelaahan tentang SOP itu untuk membatasi sejauh mana batas kerja perawat sebagai asuhan keperawatan dalam praktek mereka. ‪“Mengeluarkan SIP itu tidak butuh waktu lama. Agar tidak menyalahi prosedur harus ada batasan. Sesegera mungkin dikeluarkan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Cabang Kota Medan, meminta kepada Walikota Medan agar segera mendelegasikan pengurusan penerbitan Surat Izin Praktik (SIP) bagi perawat Kota Medan untuk memenuhi persyaratan mendirikan praktik mandiri. Ketua PPNI Medan Farida Aruan mengatakan hal ini dilakukan untuk memudahkan perawat dalam mengurus SIP berpraktik mandiri.(BS07)


Tag:IDIPPNIPerawat