Kesehatan

Cegah Deman Berdarah, Arifin dan Perusahaan di Sekitar Jalan Ladang Kelurahan Kedai Durian Lakukan Fogging


Cegah Deman Berdarah, Arifin dan Perusahaan di Sekitar Jalan Ladang Kelurahan Kedai Durian Lakukan Fogging
BERITASUMUT.COM/BS06
Beritasumut.com-Tokoh masyarakat Kota Medan, Arifin dan beberapa perusahaan di sekitar Jalan Ladang melakukan fogging di rumah warga dan dranaise, dalam rangka mengantisipasi terjadinya penyakit Deman Berdarah (DBD), di Kelurahan Kedai Durian, Sabtu (29/09/2018).
 
Arifin mengatakan, fogging merupakan salah satu upaya untuk memberantas penyakit DBD, melalui sistem pengasapan akan membunuh nyamuk Aedes Aegypti dewasa, sebagai vektor penyebab penularan penyakit tersebut."Fogging dilakukan terhadap sepanjang Jalan Ladang dan depan halaman rumah warga. Sehari sebelum dilakukan fogging, masyarakat sudah dahulu melakukan gotong royong membersihkan lingkungan yang menjadi tempat berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti dewasa," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, kawasan yang rentan menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk tersebut sebelum dewasa adalah di tempat-tempat air tergenang, seperti selokan, bak air, penampungan air, dan lainnya. Pihaknya juga akan melakukan fogging siklus tahap dua sepekan ke depan."Guna mencegah penularan dan penyebaran penyakit DBD, kami menghimbau dan mengajak masyarakat agar secara rutin membersihkan lingkungan tempat tinggal dengan melakukan gerakan 3M Plus," jelas Arifin.
 
Arifin menjelaskan, 3M Plus itu adalah menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur tempat penampungan air yang sudah tidak terpakai. Plus kegiatan seperti membiasakan PHBS di rumah tangga, menaburkan bubuk Larvasida di tempat air yang sulit dibersihkan, tidak menggantung pakaian dalam rumah dan menggunakan gorden yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk dan kelambu, membersihkan lingkungan sekitar terutama pada musim penghujan.
 
Arifin menambahkan dengan melakukan tindakan itu akan dapat menekan atau mengurangi penyebaran, dan perkembangbiakan vektor nyamuk, sehingga dapat meminimalisir ancaman penularan penyakit DBD. 
 
Sementara itu, Ketua APSINDO Perwakilan Sumut, Arman Chandra, menyambut baik dan mengapresiasi upaya pemberantasan penyakit DBD yang dilakukan Arifin dan perusahaan di seputaran Jalan Ladang. "Ini merupakan salah satu bentuk upaya perlindungan yang diberikan perusahaan dan Tokoh Masyarakat kepada warga terhadap bahaya penularan penyakit DBD," ungkap Arman Chandra.(BS06)

Tag:ArifinDBDDemam BeradarahfoggingKedai DurianNyamuk