Kesehatan

Bupati Pakpak Bharat Pantau Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas Salak

Bupati Pakpak Bharat Pantau Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas Salak
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Perhatian penuh pada urusan kesehatan sebagai salah satu urusan wajib pelayanan dasar dan pengejawantahan dari visi misi Kabupaten Pakpak Bharat, kembali diwujudkan yang salah satunya melalui pengimplementasian akreditasi fasilitas layanan kesehatan. 
 
Setelah Puskesmas Sukaramai dan Puskesmas Siempat Rube yang telah diakreditasi pada tahun lalu, kini giliran Puskesmas Salak yang akan diakreditasi dan langsung dikunjungi untuk dilakukan penilaian oleh Tim Surveyor Akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI pada 25-29 September 2018.
 
Bupati Pakpak Bharat, Dr Remigo Yolando Berutu MFin MBA yang berkomitmen tinggi terkait hal tersebut hadir langsung ke lokasi pelaksanaan akreditasi di Puskesmas Salak untuk melihat pelaksanaan akreditasi.Bupati hadir didampingi Asisten Administrasi dan Pembangunan, Supardi Padang, Ka. Dinas Kesehatan dr Tomas, dan Ka Bagian Bangekos Setda, Iwan Taruna Berutu, Ka. Puskesmas Salak dr Elpina Siska Sitepu beserta jajarannya.
 
Tidak hanya berkomunikasi dengan tim akreditasi yang menilai aspek Administrasi Manajemen, Usaha Kesehatan Perorangan, dan Usaha Kesehatan Masyarakat, Bupati juga mengamati langsung segala bentuk pelayanan dan fasilitas yang ada di Puskesmas tersebut, termasuk berinteraksi langsung dengan petugas dan pasien yang ada di Puskesmas. Tak lupa kepada para Ka. Puskesmas se-Kabupaten Pakpak Bharat beserta jajarannya yang hadir dalam kesempatan ini, Bupati mendorong agar terus melakukan studi tiru ke fasilitas layanan kesehatan yang memang sudah baik.
 
Secara khusus Bupati Remigo memuji kualitas bangunan dan fasilitas yang tersedia. “Target kita harus tinggi," ungkap Bupati dilansir dari laman pakpakbharatkab, Minggu (30/09/2018) seraya berharap sesegera mungkin beberapa hal yang masih menjadi kekurangan di Puskesmas ini segera dilengkapi.
 
“Puskesmas yang baik adalah puskesmas yang mampu melayani masyarakat yang menjadi penggunanya. Untuk dapat melayani harus ada standar-standar minimal yang diikuti dan dipatuhi sebagaimana ketentuan dari pemerintah pusat, dan layak atau tidaknya pelayanan yang baik itu kita dapatkan melalui akreditasi," jelas Bupati.
 
Sementara itu, Ka. Dinas Kesehatan Dr Tomas menambahkan, bahwa pada tahun ini yang akan ditargetkan untuk mendapat akreditasi lagi ada 4 Puskesmas termasuk Puskesmas Salak, yakni Puskemas Singgabur, Puskesmas Tinada, dan Puskesmas Sibande. "Selain itu RSUD Salak juga sedang menuju akreditasi dan terus berbenah diri," pungkasnya.(BS09)