Kesehatan

Bupati Akan Terbitkan Perda Larangan Merokok di Lingkungan Kantor Pemkab Tapteng


Bupati Akan Terbitkan Perda Larangan Merokok di Lingkungan Kantor Pemkab Tapteng
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Keseriusan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Darwin Sitompul dalam melarang merokok di lingkungan Perkantoran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) akan diwujudkan dengan menerbitkan Peraturan Daerah tentang Larangan Merokok di Lingkungan Kerja.
 
Hal ini disampaikan Bupati Tapteng Bakhtiar saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di lingkungan Sekretariat Kantor Bupati Tapteng. Pada saat itu, Bupati menemukan ada Aparatur Sipil Negara (ASN) masih merokok di ruangan kantor padahal pada apel perdana ASN di lingkungan Pemkab Tapteng beberapa minggu yang lalu Bupati dalam sambutannya dengan tegas melarang ASN merokok di lingkungan Kantor baik di Kantor Bupati, Dinas Instansi, Kantor Camat, Kantor Lurah maupun di Kantor Kepala Desa. 
 
Menurut Bupati, larangan ini diberlakukan didasari atas adanya hak bagi semua orang untuk dilindungi kesehatannya akibat tidak adanya batas aman paparan asap rokok."Kawasan tanpa rokok yang diawali dilingkungan kerja dan kedepan akan menentukan zona-zona kawasan bebas asap rokok merupakan upaya efektif untuk melindungi seluruh masyarakat dari asap rokok hingga masyarakat dapat menikmati udara bersih dan sehat. Di ruang tertutup dalam gedung wajib 100 persen menjadi Kawasan Tanpa Rokok," kata Bupati dilansir dari laman resmi tapteng.go.id, Minggu (11/06/2017).
 
Dalam waktu dekat, Pemkab Tapteng akan membentuk satuan tugas khusus yang akan mengawasi pelaksanaan larangan merokok di tempat kerja tersebut."Kemungkinan, akan ada pembentukan satgas khusus dengan melibatkan Satpol PP untuk melakukan pemantauan secara umum di seluruh instansi dan SKPD di lingkup Sekretariat Pemkab Tapteng,” terang Bupati.
 
“Untuk itu, saya menghimbau seluruh ASN tidak merokok di lingkungan kerja. Jadilah contoh bagi masyarakat. Contoh yang kecil yang kita lakukan akan berdampak positif terhadap kesehatan, mencegah polusi udara dan menghemat biaya hidup,” pungkasnya. (BS02)

Tag:Bupati TaptengDilarang merokokPemkab TaptengRokok