Kamis, 21 November 2019

Awas, Main Gadget Sebelum Tidur Bisa Merusak Mata

Kamis, 15 September 2016 06:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Main gadget saat akan tidur.
Beritasumut.com-Ini peringatan bagi Anda yang gemar bermain gadget sebelum tidur. Menurut Dokter Spesialis Mata di RSUD dr Pirngadi Medan Syaiful Bahri SpM, aktivitas tersebut mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan mata. Karena itu, Syaiful menyarankan agar kebiasaan bermain gadget sebelum tidur supaya dapat ditinggalkan. 
 
"Jangan sering bermain handphone atau gadget sebelum tidur. Bila perlu kebiasaan ini dapat ditinggalkan," ungkapnya di RSUD dr Pirngadi Medan, Rabu (14/09/2016). 
 
Syaiful menyebutkan, pengaruhnya pada pandangan mata akan menimbulkan reaksi visual kepada otak. Sehingga, visual tersebut akan meninggalkan memori yang tidak perlu, atau dalam ilmu syaraf disebut dengan ram. "Akibatnya tidur pun menjadi kurang nyenyak. Dengan begitu mata akan terus terangsang untuk terus bekerja, yang menyebabkannya kelelahan," jelasnya.
 
Oleh karenanya, Syaiful menegaskan, bahwa pada saat hendak tidur, seharusnya tubuh berada dalam keadaan istirahat mutlak atau bersih dari pikiran apapun. Seperti menurut Syaiful, yang dilakukan ketika usai berzikir. "Makanya kalau mau tidur harus beristirahat total. Sebab oksigen yang dibutuhkan mata, 6 kali lipat dari otak," tambahnya.
 
Tidak heran, tambah Syaiful, belakangan ini jumlah orang yang menggunakan kaca mata semakin meningkat. Salah satu penyebab rusaknya mata adalah kebiasaan dalam penggunaan handphone atau gadget sesaat sebelum tidur dilangsungkan. "Jadi sedapat mungkin kerusakan mata ini dapat diantisipasi. Caranya dengan meninggalkan kebiasaan tersebut," pungkasnya menyarankan.(BS03)
 
T#g:Penyakit MataRS Pirngadi Medan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Penyebab Kebutaan Terbesar di Indonesia, Salah Satunya di Sumut

    Beritasumut.com-Hasil Survei Kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) tahun 2014-2016 oleh Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia

  • 2 tahun lalu

    Walikota Medan Imbau RS Pirngadi Berikan Evaluasi Medis Pasien Per Hari

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi, mengimbau agar dokter maupun perawat rumah sakit RS Dr Pirngadi memberikan evaluasi medi

  • 3 tahun lalu

    Satu dari Empat Bayi Korban Traficking Dibawa Polres Pelabuhan Belawan untuk Penyidikan

    Beritasumut.com-Tim penyidik dari Polres Pelabuhan Belawan membawa satu dari empat bayi korban traficking yang dirawat di Rumah Sakit Daerah (RSUD)

  • 3 tahun lalu

    Butuh Darah Banyak, Akhir Tahun RS Pirngadi Targetkan Miliki UTD Sendiri

    Beritasumut.com-Sebagai rumah sakit pemerintah tipe B, RSUD dr Pirngadi Medan belum memiliki Unit Transfusi Darah (UTD) nya sendiri. Untuk itu, Dir

  • 3 tahun lalu

    Permintaan Kantong Darah Capai 1000 Sebulan, RS Pirngadi Berharap Jadi UTD

    Beritasumut.com-Pemerintah dalam hal ini Menteri Kesehatan RI mengeluarkan aturan yang tertuang dalam Permenkes No. 83 tahun 2014, yang menyebutkan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.