Kesehatan

Agustus, Empat Puskesmas Segera Lakukan Survei Akreditasi


Agustus, Empat Puskesmas Segera Lakukan Survei Akreditasi
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Empat Puskesmas yakni Puskesmas Simalingkar, Puskesmas Amplas, Puskesmas PB Selayang dan juga Puskesmas Tegal Sari pada bulan Agustus mendatang melaksanakan survei akreditasi oleh tim dari Kementerian Kesehatan.Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, drg Usma Polita Nasution melalui Plh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Sondang Gredia Siagian, Kamis (06/07/2017) 
 
Sondang menjelaskan, dalam mencapai proses survei akreditasi tersebut, pihaknya memang mengalami sejumlah kendala. Di antaranya, kurangnya kesiapan sumber daya manusia (SDM) dalam semangat mencapai akreditasi, serta masih adanya petugas yang kurang mengerti kecanggihan teknologi."Kesiapan SDM-nya masih kurang, karena ada yang gaptek (gagap teknologi). Di lapangan, kita juga masih menemukan adanya petugas yang tidak berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan," ungkap Sondang.
 
Sondang menyebutkan, kesiapan keempat puskesmas tersebut sejauh ini sudah 70 persen. Komponen penilaian di antaranya terdiri dari administrasi dan unit kesehatan masyarakat.Namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan, lajut dia, terus mendorong terjadinya perbaikan. Seperti survei kepuasan pelanggan dan meningkatkan keselamatan pasien.
 
Disinggung masalah dana, Sondang menyebutkan rencananya ada anggaran dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan sebesar Rp 2 miliar. Dana ini nantinya akan dibagikan ke seluruh Puskesmas yang ada di kota ini."Anggaran dari Pemko itu sendiri ada untuk pendamping, pelatihan pendamping, perbaikan Puskesmas dan renovasi kesiapan akreditasi," terangnya.
 
Selain Agustus, ia juga menyampaikan akan ada survei akreditasi lagi yang berjalan dari September hingga Desember 2017 untuk 16 puskesmas lainnya. Di antaranya, Puskesmas Sentosa Baru, Medan Deli, Sering, Medan Area, Sukaramai, Bromo, Medan Denai, Helvetia, Brayan, Belawan, Johor, Bestari, Glugur Kota, Darussalam, Polonia dan Kota Matsum.
 
"16 puskesmas ini sedang dalam rehabilitasi lanjut di September hingga Desember 2017. Dari total 39 puskesmas di Kota Medan, 17 lagi yang lainnya kita targetkan terakreditasi pada 2018 dan 2019," sebutnya.
 
Sondang menambahkan, ke depannya renovasi Puskesmas terus berjalan. Untuk dua Puskesmas, Teladan dan Padang Bulan yang sudan lebih dulu terakreditasi diharapkan dapat terus meningkatkan mutu pelayanannya kepada masyarakat."Akreditasi inikan dalam rangka peningkatan kerja dan mutu pelayanan. Sarana dan prasarana menjadi pendukung. Terpenting kita benahi mutu dan kinerja SDM-nya," pungkasnya.(BS07)

Tag:Akreditasi PuskesmasDinkes MedanPuskesmas