Kesehatan

14 Pos Disiapkan Dinkes Medan dalam Libur Lebaran

14 Pos Disiapkan Dinkes Medan dalam Libur Lebaran
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Pemeriksaan kesehatan.
Beritasumut.com-Sebanyak 14 Pos Pengamanan (Pospam) selama libur lebaran 2019 disiapkan oleh Dinkes Medan.Ke-14 Pospam tersebut akan mulai beroperasi, yakni sejak tanggal 29 Mei sampai 10 Juni 2019 mendatang.
 
"14 lokasi Pospam ini, 10 di antaranya tersebar di Pospam Thamrin, Medan Mall, Simpang Cemara, Aksara, Stasiun Kereta Api, Carrefour, Simpang Manhattan, Ringroad, Amplas, Simpang Pos. Sedangkan 4 Pospam lagi berada di wilayah kerja Polresta Belawan, yakni Simpang Kampung Salam, Simpang V Marelan Raya, Simpang Pertemuan dan Simpang Buaya," ujar Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan Masrita kepada wartawan, Senin (27/05/2019).
 
Pospam ini, kata Masrita, akan melibatkan tenaga medis, paramedis dan ambulance Puskesmas yang berada di wilayah kerja serta 20 rumah sakit sebagai pusat rujukan pasien yang memerlukan tindaklanjut pelayanan."Jadi masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan selama 24 jam pada puskesmas rawat inap yang memiliki UGD, maupun puskemas non rawat inap," terangnya.
 
Masrita menyebutkan, ke-20 rumah sakit rujukan tersebut adalah Rumah Sakit (RS) Methodist, RS Estomihi, RS Permata Bunda, RS Martha Friska Multatuli, RS Murni Teguh, RS Siloam, RSUD dr Pirngadi Medan. Kemudian RS Malahayati, RS Colombia Asia, RS Royal Prima, RS Advent, RS Tere Margareth, RS Bina Kasih, RS Mitra Medika Amplas, RS Mitra Sejati, RSUP H Adam Malik, RS Sufina Aziz, RS Martha Friska Brayan dan RS Wulan Windy.
 
Tak hanya, Masrita menambahkan, pihaknya juga bekerjasama dengan Polda Sumut dan BNN Sumut dalam melakukan pelayanan kesehatan terhadap supir angkutan yang berada Terminal Amplas dan Terminal Pinang Baris. Pemeriksaan kesehatan ini, sebut dia, terdiri dari tekanan darah, gula darah, dan alkohol respirasi."Hal tersebut dimaksud untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan faktor kondisi supir. Cek kesehatan dilakukan terhadap seluruh supir yang membawa armada mudik, untuk menjadi persyaratan layak jalan," pungkasnya.(BS09)