Jumat, 18 Oktober 2019
  • Home
  • Hiburan
  • Walikota Medan Hadiri Pembukaan Lomba Media Tradisional Pertunjukan Rakyat

Walikota Medan Hadiri Pembukaan Lomba Media Tradisional Pertunjukan Rakyat

Rabu, 02 Oktober 2019 13:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS07
Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kadis Komunikasi dan Informatika Medan, Zain Noval SSTP MAP menghadiri Pembukaan Lomba Pementasan Media Tradisional Pertunjukan Rakyat (Metra Petra) Tingkat Sumut 2019, di Gelanggang Mahasiswa USU, Rabu (02/10/2019).
 
Selain mengikuti acara pembukaan, Kadis Kominfo Medan sekaligus memberikan semangat kepada Tim Metra Petra Kota Medan yang ikut dalam perlombaan yang digelar Pemprovsu ini. Perhelatan ini dibuka oleh Gubsu Edy Rahmayadi diwakili Staf Ahli Gubsu, Agus Tri Priyono yang ditandai dengan pemukulan gondang. 
 
Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Agus Tri Priyono, Gubsu menyebutkan, perhelatan ini memiliki makna positif. Selain melestarikan budaya daerah, media tradisional pertunjukan rakyat ini juga dapat digunakan sebagai alat penyampai pesan dan informasi kepada masyarakat.
 
"Media tradisional pertunjukan rakyat biasanya mengedepankan kearifan lokal sehingga lebih mudah diserap masyarakat," sebutnya.
 
Selain itu, tambah Gubsu, media tradisional ini juga dapat menjadi sarana untuk membantu pemerintah dalam mendiseminasikan informasi dengan cara tradisional. 
 
Sementara itu, Kadis Kominfo Medan, Zain Noval SSTP MAP mengharapkan Tim Metra Petra Pemko Medan dapat tampil maksimal dan tetap dapat mengharumkan nama Medan dalam ajang ini. 
 
Dia menyampaikan, tahun lalu, Tim Metra Petra Kota Medan berhasil menjadi juara pertama dalam perlombaan ini dan menjadi utusan Sumut dalam perlombaan tingkat nasional. Dan pada lomba tingkat nasional itu, Medan juga meraih Juara III.
 
"Kita berharap pada perlombaan tahun ini, Tim Pemko Medan juga dapat meraih prestasi yang baik," harapnya didampingi Kabid Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Saipul Amri SSos.
 
Dalam perlombaan ini, Tim Pemko Medan membawakan cerita berjudul "Kecak Mendai". Pertunjukan yang digarap secara apik ini bercerita tentang sebuah kelompok kesenian tradisional yang tengah mempersiapkan pertunjukan rakyat. Dan proses latihan itu diviralkan seorang anak dengan tujuan memperkenalkan kearifan lokal Medan kepada dunia melalui internet.(BS07)
T#g:media tradisionalpertunjukan rakyatseni tradisional
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Tim Medan Raih Gelar Aktor Terbaik Lomba Metra Petra Sumut

    Beritasumut.com-Tim Media Tradisional Pertunjukan Rakyat (Metra Petra) Kota Medan berhasil memukau para penonton Lomba Pementasan Metra Petra Tahun

  • 11 bulan lalu

    Tim Petunra Medan Raih Juara Ketiga di Ajang Festival Media Petunra Tingkat Nasional

    Beritasumut.com-Tim Pertunjukan Rakyat (Petunra) binaan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Medan berhasil meraih juara ketiga dalam

  • 11 bulan lalu

    Tim Pertunjukan Rakyat Medan Pukau Penonton Festival Petunra Nasional

    Beritasumut.com-Tim Pertunjukan Rakyat (Petunra) binaan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Medan memukau penonton Festival Pertunjukan Raky

  • 2 tahun lalu

    Walikota Medan Apresiasi Kumpulan Pakpong Lestarikan Seni Tradisi Melayu

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi, diwakili Sekretaris Dinas Pariwisata Medan Drs Said Chaidir MSP, menghadiri Syukuran 1 Ta

  • 2 tahun lalu

    Pertunjukan Musik Tradisional Jepang Taiko dan Shakuhachi Digelar di Medan

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir Qamarul Fattah MSi menghadiri pembukaan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.