Rabu, 21 Agustus 2019
  • Home
  • Hiburan
  • Presiden Jokowi Saksikan Pagelaran Wayang Kulit Kresno Jumeneng Ratu

Presiden Jokowi Saksikan Pagelaran Wayang Kulit Kresno Jumeneng Ratu

Sabtu, 03 Agustus 2019 15:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit 74th Indonesia Merdeka “Kresno Jumeneng Ratu”, yang digelar di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (02/08/2019) malam.
 
Pada acara tersebut, Presiden Jokowi menyerahkan tokoh wayang Kresna kepada dalang Ki Manteb Sudarsono dan sebaliknya. Presiden juga sempat memainkan wayang tersebut beberapa saat setelah persembahan tari dan lagu oleh sejumlah penyanyi.
 
Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan, bahwa Ki Dalang Manteb Sudarsono sempat memprotes dirinya karena persiapan untuk tampil dalam acara tersebut hanya diberi 2 (dua) minggu.
 
“Emang zamannya sekarang zaman serba cepat, ini juga persiapannya sangat cepat,” kata Pratikno tersenyum.
 
Dalam kesempatan itu, Mensesneg mengajak masyarakat yang hadir dalam acara tersebut untuk berdoa sejenak setelah adanya gempa di pantai barat, di Sumedang, Banten, dan wilayah barat Lampung.
 
“Jadi, marilah kita berdoa sejenak, semoga tidak ada korban yang berarti. Semoga bisa semuanya tertangani dengan baik. Dan semoga warga masyarakat di daerah kawasan titik gempa tidak ada satupun yang menjadi korban,” ucap Mensesneg.
 
Selain dalang Ki Manteb Sudarsono, menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit 74th Indonesia Merdeka “Kresno Jumeneng Ratu” itu juga menampilkan seniman Soimah, Didi Kempot, Edo Kondolongit, Endah Laras, Butet Kartarajasa, dan Cak Lontong.
 
“Jadi walaupun ini wayang akan juga tampil beberapa seni dari daerah lain. Semuanya adalah pesan bahwa kita harus terus untuk nguri-uri budaya bangsa dari berbagai daerah di Indonesia.  Itulah kekayaan kita yang luar biasa yang harus kita pelihara dan kita kembangkan,” pungkas Mensesneg.
 
Tampak ikut menyaksikan dalam kesempatan itu antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepal Staf Kepresidenan Moeldoko.(rel)
T#g:kunjungan presidenwayangwayang kulit Kresno Jumeneng Ratu
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Menlu: Kunjungan Presiden Jokowi ke Singapura Penuhi Undangan PM Lee

    Beritasumut.com-Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengemukakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertolak ke Kuala Lumpur (Malaysia) untu

  • 2 minggu lalu

    Sambil Gathering, Anggota Kabinet Kerja Galang Donasi Untuk Korban Gempa Banten

    Beritasumut.com-Para menteri dan mantan menteri anggota Kabinet Kerja bersama keluarganya mengikuti acara Gathering Keluarga Kabinet Kerja “S

  • 3 minggu lalu

    Dukung Pengembangan Pariwisata, Pemerintah Akan Perbaiki Beberapa Rumah Adat Batak Samosir

    Beritasumut.com-Untuk mendukung pengembangan pariwisata di wilayah sekitar Danau Toba, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan

  • 3 minggu lalu

    Presiden Jokowi Minta Arsitektur Pelabuhan di Sekitar Danau Toba Dibuat Lebih Modern

    Beritasumut.com-Setelah meninjau Sipinsur Geosite, Desa Parulohan, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Presiden Joko Widodo (Jokowi

  • 2 bulan lalu

    Di Hadapan Para Pemimpin G20, Presiden Jokowi Angkat Isu Pemberdayaan Perempuan

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat isu terkait akses pendidikan dan pemberdayaan perempuan saat berbicara pada Sesi III KTT G

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.