Jumat, 19 Januari 2018
  • Home
  • Hiburan
  • Pemkab Langkat Diskusikan Upaya Pelestraian Pertunjukan Tradisional
pilkada beritasumut.com

Pemkab Langkat Diskusikan Upaya Pelestraian Pertunjukan Tradisional

Rabu, 13 Desember 2017 15:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Guna menjaga kelestarian Media Pertunjukan Tradisional, Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Langkat adakan Forum Diskusi yang berlangsung di Stabat Sea Food, Langkat, Selasa (12/12/2017).
 
“Forum ini diselenggarakan dengan mengundang sejumlah narasumber dengan tujuan sebagai pembinaan sekaligus mempopulerkan kembali Media Pertunjukkan Tradisional dikalangan masyarakat” kata Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH melalui pidato tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Langkat Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik H Khairudin SE.
 
Ditambahkannya, saat ini, keberadaan Media Pertunjukan Tradisional sudah menunjukkan grafik menurun bagi kalangan masyarakat, untuk mempopulerkannya kembali, perlu ada langkah strategis dalam merumuskannya.
 
Maka dari itu, dalam menentukan langkah srategis tersebut, seluruh pihak harus saling bekerjasama dalam mempopolerkan Pertunjukkan tradisional tersebut.
 
“Karena jarang ditampilkan, masyarakat merindukannya. oleh karenanya, itu jadi daya tarik tersendiri untuk menghidupkan kembali sehingga generasi muda mengetahui apa saja jenis-jenis pertunjukan tradisional,” harapnya.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Langkat H Syahmadi SSos MSP, menuturkan, kekhawatiran akan ketidakpahaman generasi muda tentang Pertunjukkan Tradisional adalah permasalahan yang harus diselesaikan secara bersama.
 
“Ini pembinaan sekaligus mediasi yang kami upayakan agar Media Pertunjukkan Tradisional kembali dipopulerkan ditengah-tengah kehidupan masyarakat,” katanya.
 
Syahmadi menjelaskan, saat ini banyak yang mengatakan bahwa Pertunjukkan Tradisional kalah bersaing dengan pertunjukkan masa kini, tetapi kenyataannya, jika kita mendapatkan rumus yang strategis, pastinya keberadaan Media Pertunjukkan Tradisional akan mendapatkan respond yang banyak dari masyarakat.
 
“Dukungan, lokasi, pemeran dan penonton saling berkaitan dalam mensukseskan Media Pertunjukkan Tradional, untuk itu, mari bersama-sama kita cari solusi agar Pertunjukkan Tradisional tetap lestari sampai ke generasi kita selanjutnya,” harap Kadis Kominfo tersebut.
 
Sebagaimana diketahui, peserta yang hadir berjumlah 20 orang terdiri dari kelompok Media Pertunjukkan Tradisional dari berbagai daerah di Kabupaten Langkat dengan Narasumber Staf Ahli Bupati Langkat Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik H Khairudin SE, Kadis Kominfo Langkat H Syahmadi SSos MSP dan Drs Zainal Arifin Aka (Budayawan).(BS08)
T#g:kesenian tradisionalpertunjukan tradisionalseni tradisional
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Walikota Medan Apresiasi Gerakan Seniman Masuk Sekolah

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Drs Hasan Basri, MM mengaku sangat mengapresia

  • 8 bulan lalu

    Ibu Negara Kenalkan Seni Budaya Indonesia Pada Ratu Swedia Silvia

    Beritasumut.com-Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) turut menyambut kedatangan Raja Swedia Carl XVI Gustav yang datang didampingi oleh Ratu Silv

  • 8 bulan lalu

    Panggung Seni Budaya, Hiburan Gratis dan Berkualitas Bagi Warga Medan di Akhir Pekan

    Beritasumut.com-Panggung Seni Budaya (PSB) yang digelar Dinas Pariwisata Kota Medan telah menjadi alternatif hiburan gratis dan berkualitas bagi wa

  • 9 bulan lalu

    Penggiat Fotografi Gelar Potret Sosial di Kampung Bali

    Beritasumut.com-Kegiatan ‘Potret Sosial’ yang dilakukan oleh para penggiat fotografi yang tergabung dalam Kafe Potret dengan tema memba

  • 10 bulan lalu

    Malam Pesona Seni dan Budaya Kota Medan Berlangsung Meriah

    Beritasumut.com-Malam pesona seni dan budaya Kota Medan yang digelar dalam rangka memeriahkan perhelatan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) berlangsu

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.