Jumat, 19 Januari 2018
  • Home
  • Hiburan
  • Lake Toba Film Festival, Promosikan Danau Toba Lewat Film dan Camping
pilkada beritasumut.com

Lake Toba Film Festival, Promosikan Danau Toba Lewat Film dan Camping

Senin, 04 Desember 2017 02:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS06
Beritasumut.com-Seribuan traveler meramaikan Lake Toba Film Festival yang digelar oleh Rumah Karya Indonesia (RKI) di Pantai Parmonangan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (02/12/2017) malam.
 
Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 1 hingga 3 Desember ini selain menampilkan film sebagai media edukasi dalam mengkampayekan nilai-nilai lokal di Danau Toba, juga dikemas dengan konsep kemah 1.000 tenda.
 
Direktur RKI Ori Semloko mengatakan, melalui even ini dapat dinikmati film yang merupakan karya dari para pelajar. Adapun Lake Toba Film Festival berhasil mengumpulkan 9 kategori untuk umum dan 9 film dari kategori pelajar yang semuanya bertemakan tentang lingkungan.
 
"Tentunya, hal ini bisa membangkitkan pariwisata khususnya Samosir yang terekspose dari dunia fillm. Memang kegiatan ini masih banyak kekurangan. Tapi harapannya dari kegiatan ini bisa menjadi embrio awal khususnya di 7 kabupaten di danau toba," ungkapnya.
 
Sementara itu, Manager Program RKI, Ojax Manalu menyebutkan, bahwasanya kesenian itu adalah merupakan milik komunal. Karenanya kesenian menurut dia tentunya harus di perjuangkan bersama.
 
Ia melanjutkan, Lake Toba Film Festival ini ialah program ke 9 dari RKI, yang pelaksanaanya pada setiap daerah konsepnya disajikan berbeda-beda. Namun dalam pelaksanaannya harus memiliki nilai akar, sehingga menjadi milik bersama bagi orang-orang yang mempunyai nilai seni budaya.
 
"Semoga sebagai program, di 2018 kami bisa memunculkan semangat komunal. Karena ditahun itu merupakan tempat bagi kami untuk melakukan perbaikan," tegasnya.
 
Bupati Samosir Rapidin Simbolon yang turut hadir dalam kegiatan ini mengaku, bahwasanya Pemkab Samosir sangat memberikan apresiasi. Sebab, dirinya merasa sangat bangga dan bersukacita karena menurutnya Lake Toba Film Festival merupakan program yang sangat berkresi dan bernilai. "1000 tenda ini sangat luar biasa sekali. Saya rasa ini adalah program positif yang perlu didukung," ujarnya.
 
Sebenarnya, lanjut dia, di Samosir sangat banyak tempat untuk membuat even seperti ini. Apalagi saat ini Pemkab Samosir sedang mendorong pengembangan bidang pariwisata, sejalan dengan program pemerintah pusat untuk menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata nasional.
 
"Terus terang kami sangat bangga walau terbatas dengan sarana prasarana yang ada. Untuk tahun depan melalui Dinas budaya pemuda dan olahraga serta Dinas Pariwisata Samosir, kegiatan ini akan didukung supaya lebih safety dan nyaman," pungkasnya.(BS06)
 
T#g:danau tobaLake Toba Film Festival
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Belum Miliki Kelengkapan Imigrasi, Bandara Silangit Tak Terdaftar Jadi Pintu Masuk Wisman

    Beritasumut.com-Berdasarkan data BPS Sumut jumlah Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Sumut selama November 2017 mencapai 24.497 kunjungan, naik 12,6

  • 2 minggu lalu

    Rayakan Tahun Baru di Parapat, Seorang PNS Bernama Naibaho Kena Ledakan Kembang Api yang Dibakarnya

    Beritasumut.com-Niat hendak meramaikan perayaan Tahun baru dengan bermain kembang api, ternyata Rindu Naibaho (56), seorang PNS Desa Manik Sunggal,

  • 4 minggu lalu

    Ini Rekayasa Lalulintas Polres Simalungun Jelang Tahun Baru

    Beritasumut.com-Untuk menghindari macet dan lancarnya arus lalulintas di wilayah Kabupaten Simalungun, khususnya di kota wisata Parapat menjelang T

  • satu bulan lalu

    Gubernur Gelar Pertemuan Pariwisata Berbasis Geopark dengan 48 Dubes Negara Sahabat

    Beritasumut.com-Keseriusan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) untuk memajukan kawasan Danau Toba menjadi andalan pariwisata Indones

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.