Jumat, 19 Januari 2018
  • Home
  • Hiburan
  • Film Rumah Momong Karya Anak-anak Binaan PT Amal Tani Raih Juara Film Dokumenter
pilkada beritasumut.com

Film Rumah Momong Karya Anak-anak Binaan PT Amal Tani Raih Juara Film Dokumenter

Kamis, 14 Desember 2017 14:30:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Anak-anak di kawasan perkebunan PT Amal Tani, Desa Amal Tani, Kecamatan Serapit, Langkat, sabet juara II kategori film dokumenter pada Festival Film Anak (FFA) dan Festival Teater Anak (FTA) 2017, yang diselenggarakan Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA). 
 
Film berjudul Rumah Momong tersebut merupakan garapan anak-anak Desa Amal Tani yang berada di kawasan perkebunan kelapa sawit. “Tentu terkejut, kami tidak menyangka dapat juara karena kami baru belajar memproduksi film dan ini pertama kali mengikuti festival film,” ujar Arif yang juga terpilih sebagai editor terbaik pada penganugerahan festival yang dilaksanakan di Gedung Polmed USU Medan, Rabu (13/12/2017). 
 
Laksamana Bening Naufal Sembiring, satu dari 12 anak yang terlibat memproduksi film tersebut menjelaskan bahwa Rumah Momong merupakan tempat pengasuhan anak yang disediakan PT Amal Tani   Kebun Tanjung Putri, Langkat, sebagai tempat penitipan anak bagi karyawan kebun yang kedua orang tuanya bekerja. “Rumah Momong dan fasilitasnya disediakan perusahaan dan gaji dua pengasuh untuk setiap rumah momong juga diberikan perusahaan," jelas Naufal.
 
“Kami lihat tidak semua perusahaan menyedikan fasilitas seperti itu untuk karyawannya, maka kami angkatlah menjadi film dokumenter karena tema festival ini adalah Bisnis dan Hak Anak,” kata Naufal menjelaskan di sela acara FFA-FTA tersebut.
 
Manager Kebun PT Amal Tani Ir Krispinus Perangin angin, yang turut hadir mendampingi anak-anak beserta Kepala Desa dan Sekretaris Desa Amal Tani pada acara tersebut menyampaikan bahwa perusahaan selalu mendukung kegiatan positif anak-anak karyawan. “Perusahaan sangat senang jika anak-anak kreatif dan kami selalu mendukung untuk kepentingan terbaik anak-anak karyawan,” tegasnya.
 
Sementara Kepala Desa Amal Tani, Jaka Perangin angin, di tempat sama memuji dan menyemangati prestasi yang diperoleh anak-anak dari desanya. “Selamat dan kedepan kita akan tingkatkan lagi pengetahuan dan keterampilan kalian agar kalian tetap menjadi anak juara,” pujinya. 
 
Kedepan, tambah Ir. Krispinus didampingi Kepala Desa dan Sekretaris Desa, Bakti Sitepu, perkebunan beserta pemerintah desa dan PKPA merencanakan desa di wilayah perkebunan PT Amal Tani menjadi Desa Layak Anak. 
 
“Kita sedang memikirkan itu dan kita terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar Amal Tani menjadi desa layak anak sehingga hak-hak dan perlindungan anak terpenuhi secara maksimal,” ujar Ir Krispinus.(rel)
T#g:PKPAFilmfilm dokumenter
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Aktivis Anak Desak Pemko Medan Tingkatkan Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak

    Beritasumut.com-Puluhan aktivis dari lembaga perlindungan anak yang tergabung dalam Jaringan Perlindungan Anak (JPA) Sumatera Utara mendesak agar P

  • 4 hari lalu

    PKPA Galang Kebersamaan dengan Masyarakat Lewat Senam Three Ends

    Beritasumut.com-Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) terus menggalang kebersamaan dengan komunitas untuk peduli terhadap perlindungan

  • 2 minggu lalu

    UIN Ar-Raniry Gelar Literacy Weekdays, Launching Film dan Buku

    Beritasumut.com-Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menggelar kegiatan Literacy W

  • 2 minggu lalu

    Sumut Perkuat Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak

    Beritasumut.com-Pencegahan, penanganan dan pemberdayaan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan di Provinsi Sumatera Utara kedepan akan semaki

  • satu bulan lalu

    Destinasi Wisata Nias Selatan Harus Bebas Eksploitasi Seksual Anak

    Beritasumut.com-Destinasi wisata di Pulau Nias dan khusunya Kabupaten Nias Selatan semaksimal mungkin harus diupayakan agar bebas dari segala bentu

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.