Hiburan

Festival Manortor Naposo Nauli Bulung PM Tabagsel Dibuka

Festival Manortor Naposo Nauli Bulung PM Tabagsel Dibuka
beritasumut.com/BS05
Beritasumut.com-Pengurus Parsadaan Masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (PM Tabagsel) Kabupaten adakan Festival Manortor Naposo Nauli Bulung, Sabtu (21/12/2019) di Pendopo P3UD Desa Tanjung Baru, Kecamatan Tanjung Morawa.
 
Pembukaan Festival Manortor Naposo Nauli Bulung PM Tabagsel Deliserdang tahun 2019 yang dihadiri Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar selaku Dewan Penasehat PM Tabagsel Deliserdang,Ketua TP PKK Deli Serdang Hj Yunita Ashari tambunan, Wakil Ketua TP PKK Deliserdang Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, tokoh adat,  serta pengurus cabang PM Tabagsel  kecamatan.
 
Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan dalam sambutan tertulis disampaikan Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar antara lain mengatakan kegiatan festival manortor naposo nauli bulung yang dilaksanakan pada hari ini, memiliki arti dan makna yang sangat penting bagi kita semua. disamping sebagai hiburan bagi masyarakat, festival manortor ini, juga adalah bagian dari upaya kita bersama didalam melestarikan warisan para leluhur. Dan sebentar lagi kita akan bersama sama menyaksikan festival manortor naposo nauli bulung. setelah menyaksikan festival ini, kita berharap, dapat menggugah semangat seluruh masyarakat khususnya para generasi muda, untuk semakin mengenal dan mencintai budayanya sendiri.
 
Lebih lanjut dikatakannya, hal ini sangat penting, mengingat di zaman sekarang ini, dimana arus globalisasi dan budaya barat, terus menggerus budaya daerah. yang tentunya, secara tidak langsung, hal tersebut akan berdampak dan mempengaruhi karakter budaya bangsa kita.
 
Seperti perkumpulan etnis lain, Bupati berharap sudah sepantasnyalah kita mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, khususnya kepada seluruh panitia yang telah menggagas acara ini dengan baik. “semoga apa yang kita lakukan pada hari ini, akan lebih meningkatkan rasa kecintaan kita terhadap budaya daerah khususnya budaya tapanuli selatan yang di prakarsai oleh PM Tabagsel Deli Serdang.”pesan Bupati.     
 
Sementara itu, Wakil Ketua PM Tabagsel Deliserdang Marasutan Siregar, menyampaikan bahwa masyarakat Tapanuli Bagian Selatan yang menganut kekerabatan dalihan natolu, suhut, anak boru dan mora selalu mengedepankan Tappal Marsipagodangan, Udut marsipaginjangan (selalu menanamkan rasa kebersamaan dan tutur sapa sesuai adat dan tradisi yang kita anut secara turun temurun).
 
Dikatakan wakil Ketua PM Tabagsel Deliserdang bahwa program kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang nantinya akan dilaksanakan di setiap kecamatan, dan jika kecamatannya belum terpilih jangan berkecil hati, karna nantinya siapapun yang akan menjadi tuan rumah di tahun 2020 adalah hasil musyawarah bersama.tegas Marasutan Siregar.
 
Ketua panitia pengurus PM Tabagsel Deliserdang Ir Hasan Basri Harahap dalam laporannya menjelaskan Festival Manortor Naposo Nauli Bulung PM Tabagsel Deliserdang tahun 2019 yang tujuannya sebagaimana yang diamanatkan yakni melestarikan adat budaya Tabagsel serta menjalin silahturahmi sebagai mana yang menjadi tujuan kita bersama agar organisasi kemasyarakatan ini menjadi kuat dan tanguh.  
 
Diakhir acara Festival Manortor Naposo Nauli Bulung PM Tabagsel Deliserdang tahun 2019 yang di gelar di Pendopo P3UD deli Serdang Kecamatan Tanjung Morawa dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba Manortor Naposo Nauli Bulung yang di serahkan langsung oleh Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar.(BS05)