Gaya Hidup

Personil Polsek Helvetia Budidaya Ikan Cupang Hias, Ini Kata Kapolsek Pardamean Hutahaean


Personil Polsek Helvetia Budidaya Ikan Cupang Hias, Ini Kata Kapolsek Pardamean Hutahaean
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com-Ikan cupang hias merupakan jenis ikan yang mungil, cantik, dengan warna warni yang indah. Ikan cupang hias ini ternyata memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai peluang usaha untuk menghasilkan uang. Budidaya Ikan cupang hias ini juga tidak sulit asalkan adanya kemauan kuat untuk mengembangkannya. "Ikan cupang itu dikelola dengan baik membawa keuntungan untuk pemiliknya," demikian kata Kapolsek Medan Helvetia, Pardamean Hutahaean SH SIK, Jumat (29/05/2020).

Di sela waktu luangnya, Kapolsek Helvetia berkunjung dan mengecek anggotanya yang bernama Aipda Chandra Madan Hasibuan SH yang telah membudidayakan ikan cupang hias tersebut di rumahnya. Aipda Chandra mengembangkan berbagai jenis ikan cupang hias di kediamannya yang beralamat di Jalan Veteran Pasar VIII, Dusun V No.370, Desa Manunggal, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang.

Dihadapan Kapolsek Helvetia, Aipda Chandra menjelaskan, mulanya dia hanya memelihara empat pasang ekor ikan cupang hias, lalu dikawinkan dan semakin banyak. "Mulanya karena iseng saya saja komandan. Semakin lama saya semakin tertarik untuk memelihara dan membudidayakannya. Alhamdullillah dari induk ikan cupang hias tersebut bertambah lagi dan semakin berkembang komandan. Sekarang sudah hampir mencapai 2 ribu ekor ikan cupang hias yang dibudidayakan.

Dia mengungkapkan, di rumahnya ada beberapa jenis ikan cupang hias yang budidayakan. Diantaranya ikan cupang jenis Plakat Nemo, Koi Galaxi, Multy Colour, Fancy, Elboy, Blue Rim dan Black Samurai. "Dan semua ini saya lakukan disaat waktu luang saya komandan, seperti dari pagi usai sholat subuh saya mencari makanannya yaitu anak nyamuk dan cacing. Setelah itu saya berangkat kerja, setiap hari seperti itu komandan. Kegiatan ini saya lakukan sejak mulai bulan Oktober 2019," tutur Aipda Chandra.

Sementara itu, Kapolsek Helvetia mengapressiasi hobi yang menjadi ladang bisnis personilnya ini. "Saya sangat senang lihat ini semua, yang mana Pak Chandra bisa membagi waktu, baik waktu dalam berdinas dan di luar jam dinas, dan bisa sampai berkembang seperti saat in. Salut dan bangga saya melihat Pak Chandra yang bisa membudidayakan ikan cupang hias ini," tandas Kompol Pardamean Hutahaean. (BS04)


Tag:Budidaya IkanCupang HiasIkan CupangPardamean HutahaeanPolsek Helvetia