Kamis, 14 November 2019

Duta GenRe Sumut Siap Bersaing di Tingkat Nasional

Minggu, 30 Juli 2017 23:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS07
Beritasumut.com-Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Utara (Sumut) Temazaro Zega optimis jika duta Generasi Berencana (GenRe) Sumut dapat bersaing ditingkat nasional. Sebab menurut dia, provinsi ini memiliki potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik, sehingga tidak akan kalah dari kontestan lainnya yang ada di tanah air.
 
"Saya optimis, karena Sumut berpotensi besar. Sehingga duta GenRe kita tentu bisa bersaing ditingkat nasional," ungkapkannya, kepada wartawan, disela-sela pemilihan duta GenRe Sumut, Sabtu (29/07/2017) malam.
 
Temazaro mengaku, memang dalam pemilihan duta GenRe ditingkat nasional sebelumnya, Sumut baru mampu meraih juara favorit. Sehingga, dengan pemilihannya yang kelima ini, perwakilan Sumut diharapkan dapat menyabet juara 1,2, ataupun 3.
 
"Kita telah menyiapkan juri-juri yang profesional, untuk memilih duta GenRe terbaik yang bakal mewakili Sumut nanti," ujarnya.
 
Namun jelas Temazaro, hal yang terpenting dari pemilihan duta GenRe ini adalah untuk menjadi pelopor ditingkat remaja dan lingkungannya. Mereka mengemban tugas untuk mensosialisasikan ke masyarakat dalam menghindari perilaku beresiko dikalangan muda-mudi, serta untuk dapat menghempang terjadinya perkawinan pada usia dini.
 
"Pengaruhnya pada usia perkawinan di Sumut sudah lebih tinggi dari nasional yakni, 20,1. Duta GenRe ini tentunya adalah ikon dari remaja Sumut," pungkasnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sumut Ria Nofida Telaumbanua mengatakan, para remaja memang sudah seharusnya diikutkan dalam program pembangunan pemerintahan. Karenanya, sebut dia, Pemprov Sumut sangat mendukung keberadaaan dari duta GenRe ini.
 
"Bila tidak dilibatkan, para remaja justru akan lari dari kita. Tapi kalau dilibatkan pasti akan lebih positif," ucapnya.
 
Remaja, jelas Ria, dari sisi psikologis memang jaug lebih mempercayai  temannya ketimbang pihak luar. Sehingga, bila ada yang mengerti tentang program pemerintah, menurut dia pasti akan lebih di dengar.
 
"Karenanya duta yang terpilih otomatis akan jadi kader pembangunan. Jadi ini sangat positif," pungkasnya.
 
Sebagaimana yang diketahui, dalam pemilihan duta GenRe ini sejumlah remaja usia 10 sampai 22 tahun diseleksi secara ketat. Proses panjang dilakukan hingga menyisakan 90 orang dan selanjutnya akan dipilih untuk mewakili Sumut ditingkat nasional.(BS07)
T#g:Duta GenreGenReJaka Dara
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Walikota Medan Apresiasi Duta Genre Kota Medan Berhasil Menjadi Juara di Tingkat Provinsi

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH mengapresiasi dan menyambut baik Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Medan yang telah

  • 4 bulan lalu

    Walikota Medan Harapkan Jaka Dara Mampu Lestarikan Budaya dan Bangun Mental Generasi Muda

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH berharap Para Finalis Jaka Dara Kota Medan 2019, yang telah berhasil masuk ke Grand Fin

  • 5 bulan lalu

    Fandy Matondang: Jadi Remaja Jangan Jadi Tanggungan Negara

    Beritasumut.com-Remaja merupakan tongkat estafet bangsa menuju masa depan cemerlang. Di era globalisasi dengan arus informasi yang semakin terbuka

  • 6 bulan lalu

    Beni Kurnia Daely dan Cindy Lorensa Tobing Juara Duta Genre Kota Sibolga Tahun 2019

    Beritasumut.com-Beni Kurnia Daely (Putra) dan Cindy Lorensa Tobing (Putri), terpilih sebagai Juara I Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Sibolga T

  • 11 bulan lalu

    Tingkatkan Pelayanan Wisata, Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan kepada Pegawai dan Jaka Dara

    Beritasumut.com-Pegawai Dinas Pariwisata serta Jaka Dara Kota sebagai tenaga pengelola dan pelaksana perlu mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.