Ekonomi

Wagub Sumut Luncurkan Program Pengembangan Komunitas Baznas


Wagub Sumut Luncurkan Program Pengembangan Komunitas Baznas
beritasumut.com/BS03
Beritasumut.com-Tiga desa pesisir di Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat mendapat bantuan program pengembangan komunitas zakat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk pengentasan kemiskinan. Wakil Gubsu DR Hj Nurhajizah meresmikan peluncuran program untuk Desa Secanggang, Selotong dan Pantai Gading bertempat di halaman Masjid Ajiziah Desa Secanggang, Jumat, (07/04/2017).
 
Hadir dalam peluncuran Wakil Ketua Baznas RI DR Zainulbahar Noor SE MEc, Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu, Ketua DPRD Langkat Terbit Rencana PA, mewakili United Nation Development Programe (UNDP), Ketua Baznas Sumut AMansyah dan ratusan warga tiga desa.
 
Wakil Gubsu Nurhajizah mengapresiasi program Zakat Cummunity Development Baznas yang menurutnya langsung mengena dan bermanfaat bagi masyarakat. “Terimakasih kepada Baznas atas dukungannya untuk pembangunan Sumut. Saya kira program ini sangat baik dan langsung mengena dan bermanfaat bagi maayarakat di sini,” kata Nurhajizah.
 
Dia mengharapkan program bisa terlaksana secara kesinambungan sehingga bisa member perubahan bagi kesejahteraan masyarakat di desa-desa pesisir tersebut.Nurhajizah juga member motivasi kepada masyarakat untuk terus berusaha dan bekerja giat. “Berdoa dan berusaha, yakinlah setiap usaha kita akan menghasilkan rezeki dan perubahan,” imbuh Nurhajizah.
 
Khusus kepada kaum perempuan, Nurhajizah juga mengajak  untuk berkarya dan berusaha mendukung perekonomian keluarga. “Ibu-ibu semua harus terus berkarya, jangan berpangku tangan,” imbuh purnawirawan berpangkat Brigjend ini.
 
Bantuan yang diserahkanpada peluncuran tersebut adalah bantuan atap dan dinding untuk rumah nelayan mustahik, perbaikan dan penyediaan sampan nelayan mustahik, penyediaan motor boat untuk kapal nelayan mustahik, program UKM pengolahan hasil laut dan kebun, dukungan program PAUD dan bantuan kursi roda dari Baznas Sumatera Utara.
 
Dalam kesempatan itu diresmikan juga grosir Zmart dan Zcafe, bantuan usaha untuk komunitas di Dusun 8 Desa  Selotong Kecamatan Secanggang. Menurut Wakil Ketua Baznas RI DR Zainulbahar Noo pendirian Zmart untuk mengangkat derajat perekonomian para mustahik, sebagai satu dari sekian upaya memperkecil kesenjangan.  “Berdirinya satu indomart dan alfamart diperkirakan mematikan 25 warung rakyat. Kami akan menghidupkan lagi melaui Zmart,” kata Zainulbahar.
 
Dia mengatakan pihaknya akan mengembangkan  terus program Baznas dengan menyediakan klinik keliling bekerjasama dengan Pemkab Langkat. “Ini akan terus dikembangkan, kami merasa belum cukup dengan bantuan sampan dan lain-lain. Usulan Pak Bupati sangat baik, biasanya baznas akan coba dirikan rumah sehat baznas, namun sesuai usulan pak Bupati kami akan coba sediakan klinik keliling kerjasama baznas dengan pemkab,” pungkas Zainulbahar.(BS03)

Tag:nurhajizah marpaungZmart GrosirBAZNASzakat